MAGIS Jakarta berbuka bersama Warga Kampung Warna Warni Jakarta

48
Buka Puasa Magis Jakarta di Kampung Pelangi
MAGIS Jakarta berbuka bersama Warga Kampung Warna Warni Jakarta
Mohon Beri Bintang

KALAU kita mengetik “Kampung Warna Warni” di  media online, kita akan menemukan satu kampung yang memang ada di Jakarta. Tepatnya Kampung Penas, RT 015/RW 02, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Jakarta Timur. Kampung ini ada di bantaran kali Cipinang, pemukiman di sini pun padat.

Kampung Warna Warni – Bebas Tanpa Asap Rokok ini tercipta atas inisiatif warga dan dengan dana swadaya warga dan donatur untuk mengecat kampungnya dengan warna warna semarak. Alhasil, usaha ini berhasil merubah kampung kumuh menjadi lebih menarik indah. Ketua RT, Fathudin mengatakan, “Untuk tahap awal, warga berkomitmen untuk tidak ada yang merokok di dalam rumah, serta akan diikuti tahap-tahap selanjutnya.” Dalam gerakan ini, yang menjadi “polisi” adalah Ibu ibu dan anak-anak.

Pertengahan Juni lalu, MAGIS Jakarta bersama OMK Jagakarsa berbuka puasa bersama sekitar 50 warga yang terdiri  dari anak-anak, pemuda yang tergabung dalam karang taruna dan orang dewasa Kampung Pelangi, 18/6. Kegiatan dimulai dengan permainan bersama anak-anak. Tanya jawab tentang nama-nama ikan dan aneka permainan lain.

Kegiatan buka bersama ini diinisasi oleh MAGIS Jakarta. MAGiS adalah program pendampingan dalam bentuk komunitas bagi orang muda Katolik berbasis Spiritualitas Ignatian. Dalam beberapa tahun terakhir MAGIS Jakarta mengadakan Live In sebagai bagian dalam rangkaian kegiatan  “formasi tahunan”. Live In diadakan di berbagai tempat di Jakarta seperti daerah Cilincing (Rumah Kerang, Sekolah Empang, Islamic Center) serta Jesuit Refugee Service Indonesia (JRS) di Bogor dsb. Salah satunya di kampung ini.

Fathudin menambahkan, keberagaman adalah indah, dengan keragaman akan muncul ide sehingga saling melengkapi. “Tuhan bisa saja menciptakan semua jadi satu jenis, tapi tidak, alias beragam. Akan ada ilmu baru, sharing sehingga kita bisa merajut persatuan di dunia ini.”

 

Magis Jakarta

Editor: Antonius E. Sugiyanto

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here