Mgr Rubi Terima Pallium dari Paus | | HIDUPKATOLIK.com

Mgr Rubi Terima Pallium dari Paus

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

Mgr Robertus Rubiyatmoko menerima pallium dari Paus Fransiskus. [CTV]
Mgr Rubi Terima Pallium dari Paus
5 (100%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com – Mgr Robertus Rubiyatmoko telah menerima pallim dari Paus Fransiskus di Vatikan, pada Pesta Santo Petrus dan Paulus, 29 Juni. Uskup Agung Semarang yang baru menerima tahbisan episkopal pada 19 Mei 2017 lalu tersebut, menerima pallium bersama dengan 35 Uskup Agung Metropolitan lainnya dari seluruh penjuru dunia. Penerimaan pallium ini sudah menjadi tradisi Takhta Suci selama ratusan tahun.

Pallium adalah kain selempang berbentuk lingkaran dari wol putih yang memiliki dua juntai warna hitam pada ujung-ujungnya, dan bersulam ornamen enam salib yang berwarna hitam. Inilah simbol legitimasi sebagai Uskup Agung Metropolitan.

Para Uskup Agung Metropolitan lain di Indonesia tentu juga menerima pallium dari Paus setelah diangkat menduduki Takhta Keuskupan Metropolitan. Hal ini seperti beberapa tahun sebelumnya, yakni Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus dan Uskup Agung Samarinda, Mgr Yustinus Harjosusanto MSF. Sementara tahun ini, pallium diterima oleh Mgr Rubi.

Selain menerima pallium dari Bapa Suci, kesempatan di Vatikan ini ia gunakan untuk mengunjungi beberapa imamnya yang sedang diutus untuk studi di Roma. Mgr Rubi melawat mereka sebagai sapaan sang Gembala Utama yang baru kepada para imam yang sedang belajar di negeri asing. Uskup Agung kelahiran Sleman, D.I. Yogyakarta, 10 Oktober 1963 ini juga sempat bertemu dengan Duta Besar Indonesia untuk Vatikan, Antonius Agus Sriyono.

R.B.E. Agung Nugroho

Comments on Facebook