HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Gembala Pangkalpinang: Tiga Prefek Perintis

69
Pater Vitus Bouma SSCC (kiri); Wilayah Keuskupan Pangkalpinang: pulau-pulau yang membentang di perariran dari Bangka-Belitung, Selat Karimata hingga Kepulauan Natuna di Laut Cina Selatan.
Gembala Pangkalpinang: Tiga Prefek Perintis
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Ketika Prefektur Apostolik Sumatra (kini: Keuskupan Agung Medan) dimekarkan, muncullah dua Prefektur Apostolik baru, yakni Prefektur Apostolik Banka e Biliton (Bangka-Belitung) dan Prefektur Apostolik Benkoelen (kini Keuskupan Agung Palembang) pada 27 Desember 1923. Prefektur Apostolik Banka e Biliton adalah cikal bakal Keuskupan Pangkalpinang, yang baru pada 28 Juni 2017 lalu mendapat Uskup baru, yakni Minister Provinsi Ordo Fratrum Minorum (OFM) Indonesia, Mgr Adrianus Sunarko OFM.

Sejak awal, para misionaris Congregatio Sacrorum Cordium Iesu et Mariae necnon Adorationis Perpetuae Ss. Sacramenti Altaris (SSCC) memang sudah berkarya di Bangka-Belitung. Tak heran jika Pater Theodosius Jan J. Herkenrath SSCC ditunjuk oleh Paus Pius XI (1857-1939) sebagai Prefek Apostolik pertama Banka e Biliton pada 18 Januari 1924. Misionaris kelahiran Velp, Belanda, 26 Maret 1886 itu menggembalakan umat Katolik Bangka-Belitung hingga tahun 1928. Setelah mengundurkan diri, Pater Herkenrath masih terus berkarya sampai wafat pada 13 April 1972.

Pada 29 Mei 1928, Paus Pius XI akhirnya menunjuk Pater Vitus Bouma SSCC untuk meneruskan reksa penggembalaan umat di Prefektur Apostolik Banka e Biliton. Imam kelahiran Oude-Mirdum, Belanda, 6 Desember 1892 ini mengikrarkan kaul pertama sebagai calon imam SSCC pada 27 Januari 1915; dan berkaul kekal pada 18 Maret 1918. Penerima tahbisan imamat pada 11 Maret 1923 ini tidak pernah ditahbiskan sebagai Uskup ketika menggembalakan Prefektur Apostolik Banka e Biliton, sama seperti pendahulunya Pater Herkenrath. Kepercayaan sebagai Prefek Apostolik ia emban hingga tutup usia pada 19 April 1945.

Sepeninggal Pater Vitus Bouma, Prefektur Apostolik Banka e Biliton digembalakan oleh Pater M. van Soest SSCC, tahun 1945. Sebagai seorang Prefek, Pater van Soest mempersiapkan peningkatan status Banka e Biliton menjadi Vikariat Apostolik. Usahanya dilakukan selama kurang lebih enam tahun hingga Takhta Suci meningkatkan status Banka e Biliton menjadi Vikariat Apostolik pada 8 Februari 1951. (Lanjutan: Vikaris Uskup Pertama)

R.B.E. Agung Nugroho

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here