HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Dubes Vatikan Ajak Gereja Keuskupan Manado Doakan Uskup Baru

19
Mgr Antonio Guido Filipazzi sedang menyampaikan khotbah dalam Pentahbisan Uskup Manado. (HIDUP/A. Nendro Saputro).
Dubes Vatikan Ajak Gereja Keuskupan Manado Doakan Uskup Baru
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – DI hadapan kurang lebih 35.000 orang yang menghadiri upacara pentahbisan Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC menjadi Uskup Manado di Stadion Maesa Tondano Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu, 8/7, Duta Besar Vatikan Mgr Antonio Guido Filipazzi meminta Gereja Keuskupan Manado untuk mendoakan uskup baru Keuskupan Manado.

Permintaan tersebut disampaikan Mgr Filipazzi saat menyampaikan khotbahnya dalam upacara pentahbisan Uskup Manado hari itu. Seusai proses Liturgi Sabda dan seusai Mgr Filipazzi meminta Sekretaris Jenderal KM Pastor Johanis Josep Montolalu membacakan surat dari Paus Fransiskus tentang penunjukan Mgr Rolly sebagai Uskup Manado, ia kemudian mengemukakan permintaan tersebut dalam khotbah.

Pada khotbah itu, Mgr Filipazzi mengulas Injil yang dibacakan hari itu yang diambil dari bacaan Injil Yohanes 8:12-19. Dalam pemaparannya, ia mengatakan bahwa Rasul Yohanes telah menuliskan bahwa Yesus adalah terang dunia. “Melalui Kristus cahaya dunia yang benar, Allah menerangi kehidupan kita dengan aneka sakramen. Dalam kuasa sakramen, Allah sendirilah yang menjadi pelaku utama yang dapat membangkitkan iman umat,” ujarnya.

Berkaitan dengan tugas-tugas Uskup Manado yang baru, Mgr Filipazzi mengingatkan bahwa seluruh pelayanan pastoral seorang uskup bertujuan untuk menuntun umat kepada kesempurnaan melalui ajaran mereka. Mengutip ajaran Konsili Vatikan ke II dan pesan St Thomas, Mgr Filipazzi juga mengemukakan bahwa tugas utama seorang uskup adalah dalam bidang pewartaan dan pengajaran supaya umat dapat memahami misteri iman dan kesempurnaan hidup kristiani. Dan untuk memenuhi tujuan ini tentu dibutuhkan komitmen dari semua uskup untuk belajar lebih dahulu tentang ajaran gereja.

“Perkataan seorang uskup yang bersatu dengan Kristus dan Gereja bukanlah perkataan yang biasa melainkan perkataan yang berasal dari Allah dan memberi petunjuk yang pasti untuk kehidupan kristiani. Sebagaimana telah ditegaskan oleh Yesus sendiri, ‘Barang siapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan aku, dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku’,” kata Mgr Filipazzi.

Pada akhir khotbah Mgr Filipazi juga mengajak seluruh umat untuk mendoakan Mgr Rolly Untu MSC dan semua uskup di Indonesia supaya bisa menjadi guru penjaga kebenaran iman. “Doa ini tidak boleh berakhir hari ini, tetapi harus dilanjutkan terus menerus sehingga uskup baru dapat memancarkan terang Ilahi sehingga semua orang dapat memperoleh pencerahan,” ujarnya.

A. Nendro Saputro

(Visited 1 times, 1 visits today)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here