HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Mgr Rolly Untu MSC Duduk di Takhta Uskup Manado

51
Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC berdiri di depan takhta Keuskupan Manado. (HIDUP/A. Nendro Saputro)
Mgr Rolly Untu MSC Duduk di Takhta Uskup Manado
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com –  SEUSAI Liturgi Sabda, Khotbah, dan Prosesi Doa Tahbisan dalam upacara pentahbisan Uskup Manado di Stadion Maesa Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu, 8/7. Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC kemudian menerima Minyak Krisma, Kitab Injil, Cincin Uskup, Mitra dan Tongkat dari penahbis utama Mgr Antonio Guido Filipazzi di panggung.

Sebelum proses penerimaan barang-barang rohani untuk Mgr Rolly, Minyak Krisma, Kitab Injil, Cincin Uskup, Mitra dan Tongkat dihantar oleh perwakilan dari keluarga besar Mgr Rolly menuju panggung di dalam stadion dan diterima Mgr Filipazzi.

Setelah menerima Minyak Krisma, Kitab Injil, Cincin Uskup, Mitra dan Tongkat, Mgr Rolly kemudian diminta duduk di takhta Uskup Keuskupan Manado. “Keuskupan Manado kini mempunyai seorang uskup baru yang akan memimpin serta mempersatukan umat pada Kristus, memperhatikan keselamatan, serta hidup bersatu sehati sejiwa dalam suka dan duka dengan umat. Sebagai tanda syukur kepada Tuhan, mari kita semua dengan gembira menyambut uskup Benedictus Estephanus Roly Untu MSC sebagai pemimpin Keuskupan Manado,” ujar Mgr Filipazzi diiringi gemuruh tepuk tangan umat yang hadir.

Seusai pengumunan dari penahbis utama Mgr Filipazzi, para penahbis mengucapkan selamat kepada uskup baru diiringi dengan 25 uskup yang hadir dan empat perwakilan uskup. Tampak di atas kursi takhta Uskup Manado gambar logo atau lambang Uskup Manado Mgr Rolly Untu MSC dengan gambar perisai dengan tiga bagian.

Lambang Uskup Manado Mgr Benedictus Estephanus Rolly Untu MSC (Dok. Panitia Tahbisan Uskup Manado)

Pada bagian kanan atas, dengan latar belakang warna merah terdapat gambar bintang berwarna putih, lambang Allah, dengan sebuah lampu minyak berwarna keemasan di bawahnya. Lampu minyak dari bahan tanah liat seperti ini biasa digunakan sebagai alat penerangan pada zaman Yesus. Lampu ini memiliki satu sumbu di ujung sebelah kiri, dengan api yang menyala menerangi area sekitarnya.

Di sebelah kiri atas terdapat gambar Hati Kudus Yesus yang Mahakudus dengan warna merah dengan latar belakang warna biru. Dalam gambar Hati Yesus itu terdapat mahkota duri warna keemasan di bagian tengahnya dan terdapat nyala api dengan warna keemasan pada bagian atasnya. Gambar ini menerangkan bahwa Mgr Rolly Untu MSC berasal dari tarekat religius Missionarii Sacratissimi Cordis atau Misionaris Hati Kudus (MSC) yang menghidupi Spiritualitas Hati.

Sedangkan pada bagian bawah perisai terdapat gambar dengan latar belakang warna putih dan terdapat gambar laut biru dan sebuah gunung berwarna hijau di atasnya melambangkan Keuskupan Manado yang meliputi daratan hijau dan gunung-gunung dan banyak kepulauan serta laut yang kaya. Di atas gunung, di sebelah kanan, adalah gambar burung gagak berwarna hitam, yang membawa di paruhnya sepotong roti. Ini adalah atribut yang biasa ditemui bersama St Benedictus Abbas dari Norcia. Masih di atas gunung, di sebelah kiri, terdapat gambar tiga buah batu berwarna keemasan dengan selembar daun palma berwarna hijau di atasnya. Gambar ini merupakan atribut yang biasa ditemui bersama St Stephanus –Martir Pertama– yang meninggal karena dirajam.

Di atas perisai ditempatkan sebuah galero atau topi khas klerus berwarna hijau, dengan enam jumbai pada masing-masing sisinya. Di bagian tengah belakang perisai adalah sebuah salib pancang berwarna kuning keemasan. Galero hijau dengan enam  jumbai berikut salib pancang ini merupakan penanda bahwa sang empunya lambang adalah seorang uskup.

Dan di bagian paling bawah perisai terdapat pita berwarna kuning keemasan, bertuliskan moto penggembalaan Mgr Rolly Untu MSC dalam bahasa Latin: In lumine Tuo, videmus lumen. Artinya dalam bahasa Indonesia adalah “Dalam terang-Mu, kami melihat cahaya” atau “Di dalam terang-Mu, kami akan melihat terang” (Mz 36:10).

A. Nendro Saputro

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here