Mantan Jubir Vatikan Berpulang | | HIDUPKATOLIK.com

Mantan Jubir Vatikan Berpulang

Hidup TV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band dan juga dapat ditonton secara Streaming di Komputer dan Handphone dengan mengakses www.Hidup.tv

Joaquín Navarro-Valls bersama Bapa Suci Yohanes Paulus II [www.catholicnewsagency.com]
Mantan Jubir Vatikan Berpulang
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Kantor Berita Vatikan dilanda kabar duka. Mantan jurubicara (jubir) sekaligus mantan Direktur Kantor Berita Vatikan, Joaquín Navarro-Valls meninggal dunia pada Rabu, 5/7. Lelaki berdarah Spanyol itu meninggal setelah bergumul dengan kanker pankreas pada usia 80 tahun.

Penerusnya, yang juga sudah pensiun sebagai jurubicara sekaligus Direktur Kantor Berita Vatikan, Pater Federico Lombardi SJ mengenang Joaquín Navarro-Valls sebagai pribadi yang dikaruniai banyak talenta. Karya-karya dan pengabdiannya kepada Takhta Suci dilandasi oleh sikap orang beriman dan dikerjakan secara profesional. “Ia seorang pribadi yang hangat dan mampu menjalin relasi pribadi yang menyenangkan, beriman mendalam, dan punya sikap devosi kepada Gereja secara tulus,” ungkap Pater Lombardi dalam wawancara dengan Radio Vatikan, Kamis, 6/7.

Navarro sebenarnya juga belajar ilmu kedokteran dan memiliki lisensi dengan spesialisasi di bidang psikiatri, seperti halnya keahliannya di bidang jurnalistik. Ia mulai berkarya di Roma pada awal tahun 1970-an, sebagai koresponden asing dan akhirnya didaulat sebagai Presiden Asosiasi Pers Asing di Kota Abadi. Karier di dalam dunia jurnalistik pun mendapat perhatian khusus dari Bapa Suci Yohanes Paulus II. Alhasil, tahun 1984, Bapa Suci menunjuk Navarro sebagai Kepala Kantor Berita Vatikan. Ia melayani Bapa Suci Yohanes Paulus II hingga Sri Paus wafat pada 2 April 2005. Ketika Paus Benediktus XVI bertakhta, Navarro masih melayani Takhta Suci hingga pensiun tahun 2006, ketika Paus mengangkat Pater Lombardi sebagai penggantinya.

Joaquín Navarro-Valls tercatat sebagai anggota Opus Dei. Penghormatan terhadap Navarro diselenggarakan di Basilika Santo Eugenius, Viale delle Belle Arti 10, Roma pada Kamis, 6/7. Misa requiem untuk pemakamannya akan dipimpin langsung oleh Vikaris Jenderal Opus Dei, Pater Mariano Fazio pada Jumat, 7/7.

R.B.E. Agung Nugroho

Comments on Facebook