Gereja Bicara Soal Imigran Gelap

16
Suasana perbatasan antara Republik Dominika dan Haiti [cdn.presstv.com]
Gereja Bicara Soal Imigran Gelap
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Bisnis penyelundupan imigran dari Haiti ke Republik Dominika kian marak. Uskup Agung Emeritus Santiago de los Caballeros, Republik Dominika, Mgr Ramón Benito de la Rosa y Carpio menilai bahwa selagi geng-geng mafia tidak diberantas, persoalan imigran ini akan terus menghantui negaranya.

Grup-grup mafia ini menjalankan bisnis imigran gelap karena dapat mengeruk jutaan Peso setiap tahunnya. Mereka biasa beroperasi di banyak titik di daerah perbatasan Republik Dominika dan Haiti. Mgr de la Rosa merasa prihatin karena banyak negara besar di dunia menolak Haiti dan meninggalkan beban berat untuk Republik Dominika, seperti dilansir Agenzia Fides (14/7).

Mgr de la Rosa menganggap bahwa operasi para geng mafia ini akan merusak banyak aspek dalam masyarakat karena banjir imigran ilegal terus berlanjut.

Gereja Katolik di Republik Dominika akan selalu menunjukkan solidaritas kepada umat di Haiti. Komitmen ini ditegaskan dalam Sidang Para Uskup Dominika, yang akan tetap melanjutkan dukungan pastoral kepada Haiti.

Sementara itu, pemerintah Republik Dominika memperketat penjagaan dan operasi di beberapa titik wilayah perbatasan dengan Haiti. Banyaknya imigran ilegal Haiti yang sudah masuk ke Dominika sudah hal yang lazim ditemui di jalan-jalan di kota-kota besar di Dominika.

R.B.E. Agung Nugroho

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here