HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Renungan Jumat, 21 Juli 2017 : Teror Agama

31
[news.okezone.com]
Renungan Jumat, 21 Juli 2017 : Teror Agama
2 (40%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com - Pekan Biasa XV; Kel 11:10 – 12:14; Mzm 116; Mat 12:1-8

AGAMA bisa menjadi awal dari terorisme. Penafsiran dan klaim para pemimpin agama terhadap kemutlakan Allah menjadi pemicu. Itu sudah terbukti dalam sejarah hampir setiap agama. Sejak awal, Yesus telah melawan terorisme. Dia pun menunjuk latar belakang relativisme Kitab Bilangan 28:9-10. Pada “hari Sabat” pun, para imam Bait Allah “bekerja mempersiapkan” korban bakaran Sabat (lih Mat 12:5).

Maka, ketika para murid Yesus diteror dengan salah satu pasal dari sembilan pasal mengenai “larangan terkait pembuatan makanan”, Yesus mengatakan, “Di sini ada yang melebihi Bait Allah” (ay 6). Diri-Nya sebagai perwujudan kehendak Allah yang penuh kerahiman dan kasih, harus lebih diutamakan dibandingkan kehendak dan hukum buatan manusia. “Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat” (ay. 7-8). Kuasa ke-Tuhan-an Yesus itu langsung di wujudkan melalui kisah penyembuhan seorang yang “mati sebelah tangannya” di rumah ibadat pada hari Sabat (ay 9-15a). Kasih menghancurkan teror kekerasan agama, demikian tafsiran St Fransiskus dari Assisi (1182-1226) terhadap kisah ini, saat ia mengatakan, “Bila ada belas kasih dan kebijaksanaan, maka tidak ada lagi ekses dan kekerasan (beragama), sebab inilah yang kita ketahui dari Yesus Kristus Tuhan kita”.

Henricus Witdarmono

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here