HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Sejarah Asian Youth Day

77
Sejarah Asian Youth Day
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – ASIAN Youth Day tidak bisa dilepaskan dari prakarsa Paus Yohanes paulus II yang 1984 mengadakan World Youth Day (WYD) pertama di kota Roma, Italia. Menarik menyimak tema pertama dari WYD “The Festifal of Hope”, ‘merayakan pengharapan’. Mgr Ignatius Suharyo berpendapat bahwa di tahun 1984, Gereja Katolik sudah mulai berpikir tentang millennium ketiga.

Millennium kedua  penuh dengan segala hal, termasuk perang dan konflik. Mgr Suharyo menambahkan, orang muda pada waktu itu, diajak untuk menatap millennium ketiga. “Ketika YP II memulai merintis hari orang muda sedunia, peserta dari Asia mulai berpikir apakah tidak bagus kalau perayaan yang lingkupnya universal seluruh dunia juga diadakan di lingkup regional. Pemikiran itu sudah mulai pada tahun 1991, namun Asian Youth Day baru dapat dilaksanakan pada tahun 1999 di Thailand.

AYD adalah acara internasional yang diselenggarakan Federation of Asian Bishops’ Conferences Federasi (FABC) ‘Konferensi Waligereja Asia’. Acara yang diadakan setiap tiga tahun ini, menyatukan orang muda Katolik dari seluruh Asia.

Selama seminggu,pemuda katolik Asia dapat mengalami Injil dengan orang lain dari budaya yang berbeda. Isu-isu lain seperti keadilan sosial, kepemimpinan di masa muda tak luput dari perhatian. Selama AYD kegiatan meliputi doa, forum, dan lokakarya. Acara ini digunakan untuk memperkaya, menginspirasi, dan memperbarui kehidupan spiritual pemuda Katolik Asia.

Pada tahun 1993, di Kota Bangkok Thailand, sebuah konferensi konsultasi diadakan. Peserta  menyarankan agar membentuk kelompok kerja pemuda sebagai satu Komisi dalam FABC. Awalnya pembentukan ini untuk mengumpulkan dukungan kerjasama antar orang muda Katolik Asia. Kemosi Kepemudaan resmi didirikan dalam FABC pada tahun 1994. Sejak itu, tim tersebut telah berhasil menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk pemuda Asia.

 

Dari tahun ke tahun

 

1st AYD | August 7th – August 12th, 1999

Hua Hin, Thailand

“Asian Youth Journeying With Jesus Towards the New Millenium”

 

2nd AYD | August 11th – August 17th, 2001

Taipei

“We are called to Sanctity and Solidarity”

 

3rd AYD | August 10th – August 17th, 2003

Bangalore,India

“Asian Youth for Peace”

 

4th AYD | July 30th – August 5th, 2006

Hong Kong, China

“Youth, Hope of Asians Families”

 

5th AYD | November 20th – November 27th, 2009

Imus, Philippines

“Yasia, Fiesta! Young Asians: Come Together, Share the Word, Live the Eucharist”

6th AYD | August 10th – August 17th, 2014

Daejeon, South Korea

“Asian Youth! Wake up! The Glory of the Martyrs Shines on You”

 

Antonius E. Sugiyanto

 

 

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here