HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

DID Paroki Bedono: Proses Pengolahan Kopi

21
DID Paroki Bedono: Proses Pengolahan Kopi
5 (100%) 5 votes

HIDUPKATOLIK.com – WILAYAH Losari, Grabag, Magelang dikenal sebagai satu daerah penghasil kopi terbesar di daerah Bedono dan sekitar. Peserta DID di Paroki Bedono berkesempatan menyaksikan proses pengolahan biji kopi sampai menjadi kopi yang siap dikonsumsi.

Hyeongyeong Im dan Philip Das yang ditemani Intan dan Jansen lalu menuju ke rumah Nugroho – salah satu petani kopi di Losari. Sesaat setelah berada di rumah Nugroho, sang tuan rumah langsung dengan ramah menjelaskan proses pembuatan kopi kepada kedua tamu istimewa ini.

Kopi setelah dijemur di bawah terik, kemudian akan dikupas dan diambil biji yang bagus dan tidak pecah. Nugroho menjelaskan kepada kedua tamu istimewanya, biji yang pecah akan dipisahkan dan yang utuh bisa diolah mejadi kopi. “Setelah dikupas maka biji kopi siap dimasak,” kata Nugroho.

Di setiap penjelasan Hyeongyeong dan Philip terlihat antusian memperhatikan. Juga saat Nugroho memperlihatkan bagaimana cara memasak kopi dengan alat masak baja yang dimilikinya. “Ini kalau masak kopi kami memakai kayu klengkeng atau kayu yang keras, agar hasilnya kopi yang enak,” kata Nugroho.

Selain kedua tamu dari Korea dan Bangladesh itu, peserta DID dari Kevikepan Semarang, Keuskupan Agung Semarang juga antusias menyaksikan. Bagi mereka, ternyata ini juga pengalaman pertama mereka menyaksikan proses pegolahan biji kopi.

 

Antonius E. Sugiyanto

 

(Visited 5 times, 1 visits today)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here