Orang Muda: Hormati Perbedaan, Jaga Persatuan

53
Orang Muda: Hormati Perbedaan, Jaga Persatuan
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – “ORANG muda Indonesia harus berani mempromosikan dan menghormati persatuan di tengah keragaman,” ujar Duta Besar Indonesia untuk Takhta Suci, Antonius Agus Sriyono. Agus diwawancarai Radio Vatikan dalam rangka perhelatan Asian Youth Day (AYD) ke-7 di Keuskupan Agung Semarang. Agus yang diwawancarai Stefano Lesczynski dari Radio Vatikan mengatakan bahwa peran orang muda sangat penting, terutama dalam mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam bingkai persatuan. Di semua negara Asia, lanjutnya, ada kebutuhan untuk mempertahankan persatuan di tengah keragaman. “Mari kita bersama menghargai keragaman,” ujarnya seperti dilansir Radio Vatikan, (29/7).

Dalam wawancara selama tujuh menit itu, Agus juga menyinggung tentang Pancasila. Ia mengatakan, sangat penting bagi orang muda untuk “menghormati perbedaan berdasarkan prinsip kemanusiaan”. Dengan menjadi tuan rumah AYD, Indonesia ingin menekankan, pertama, menghormati kepercayaan lain, dan kedua, menghormati perbedaan berdasarkan nilai kemanusiaan.

Ia juga mengungkapkan pentingnya dialog antariman untuk mencegah pertumbuhan radikalisme di Indonesia. Dialog antaragama, imbuhnya, bisa menciptakan pemahaman di tengah perbedaan. “Dialog penting untuk menjembatani perbedaan,” tegasnya.

Y. Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here