Markus Solo Kewuta SVD : Viral Bagai Virus

774
Markus Solo Kewuta SVD
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – JADWAL kegiatan staf Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama Vatikan, Romo Markus Solo Kewuta SVD dalam Kongres Diaspora Indonesia keempat di Jakarta beberapa waktu lalu, terbilang padat. Terbang dari Roma ke Jakarta, imam asal kampung Lewouran, Flores Timur, NTT ini tidak mengumumkan jadwal keberadaannya selama mengikuti kongres itu. “Maksudnya agar saya konsentrasi dengan Kongres. Tapi, foto-foto saya malah viral seperti virus. Jadi, dengan mudah orang tahu,” ujar Romo Markus Solo.

Pada Kongres ini, Romo Markus Solo tampil sebagai panelis. Imam yang fasih bahasa Jerman, Italia, Inggris, dan Arab ini, membahas peran penting Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan masyarakat, terutama anak-anak di Indonesia. Ia juga mendukung langkah pemerintah memasukan kurikulum pendidikan yang berorientasi pada kebhinnekaan, pluralisme, dan toleransi. “Kita didik anak-anak sekarang dalam iklim keterbukaan, toleransi dan Bhinneka Tunggal Ika karena mereka adalah masa depan bangsa,” ujar Islamolog yang lahir 4 Agustus 1968.

Sehari setelah menjadi pembicara dalam kongres tersebut, Romo Markus Solo menju ke penginapan. Ternyata, ia satu atap dengan mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama. Obama juga tampil sebagai pembicara dalam kongres yang sama. “Sebelum kembali ke Roma, saya ke Surabaya dulu,” ujar Romo Markus Solo.

Ansel Deri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here