September, Paus ke Kolombia

271
Logo kunjungan Paus Fransiskus ke Kolombia. (vatican.va)
5/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – TAKHTA Suci telah merilis jadwal kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Kolombia. Rencana, Bapa Suci akan mengunjungi Kolombia pada Rabu-Senin, 6-11 September mendatang. Ia akan berangkat dari Rome’s Fiumicino Airport, Rabu, 6/9, pukul 11:00 waktu Roma, menuju ke Bogota. Menjelang petang, ia akan sampai di Bogota, ibukota Kolombia.

Keesokan hari, Kamis, 7/9, Bapa Suci akan bertemu dengan pemerintah dan perwakilan masyarakat sipil di Casa de Nariño Istana Kepresidenan Kolombia. Setelah dari Istana Kepresidenan, ia akan melawat ke Katedral di Bogota, dan bertemu dengan kardinal dan para uskup. Menjelang sore, Bapa Suci akan bertemu dengan Komite Eksekutif American Episcopal Dewan Latin (Committee of the Latin American Episcopal Council/CELAM) di Nunsiatura. Setelah itu, Paus akan memimpin perayaan Ekaristi di Taman Simon Bolivar.

Paus Fransiskus akan ke Kolombia bulan depan. (Radio Vatikan)

Hari berikutnya, Jumat, 8/9, Bapa Suci akan terbang menuju Villavicencio. Setelah memimpin Misa, sore harinya, Paus akan kembali ke Bogota. Sabtu, 9/9, Paus akan terbang ke Rionegro, dan melanjutkan perjalanan dengan helikopter menuju Medelin. Ia akan memimpin Misa di Medellín Enrique Olaya Herrera Airport. Setelah Misa, Paus akan berkunjung ke panti asuhan Hogar San Jose. Paus juga akan bertemu dengan para imam, biarawan-biarawati. Lantas, Paus akan kembali lagi ke Bogota pada sore hari.

Pada hari terakhir, Paus akan terbang ke Cartagena. Ia akan memberkati dan meletakan batu pertama pembangunan tempat penampungan tunawisma dan karya Talitha Qum di St Francis Square. Selain itu, Paus juga akan berdoa Angelus di Gereja St Peter Claver. Setelah itu, Paus akan naik helikopter menuju Contecar. Setelah memimpin Misa, Bapa Suci akan kembali ke Cartagena. Menjelang malam, Paus Fransiskus akan terbang menuju Roma, Italia.

Kolombia merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Katolik. Dari sekitar 46 juta penduduk, 90 persen menganut Katolik. Di negara ini terdapat 52 keuskupan.

Paus Yohanes Paulus II pernah berkunjung ke Kolombia pada 1-7 Juli 1986. Paus Paulus VI juga pernah melawat ke Kolombia untuk menghadiri Kongres Ekaristi.

Y. Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here