HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Pastor Gabriel Hela Koten OCSO : Trappist “Suku Nabi”

175
Pastor Gabriel Hela Koten OCSO
[Dok. Pribadi]
Pastor Gabriel Hela Koten OCSO : Trappist “Suku Nabi”
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – LAMANABI adalah sebuah desa kecil di ujung Pulau Bunga, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur. Nama ini berasal dari dua suku kata yaitu “Lama” yang berarti kelompok atau suku, dan “Nabi”. Secara harafiah orang sering menyebut “Suku Nabi”. Meski sering disebut “Suku Nabi”, belum ada satu orang pun dari Lamanabi yang ditahbiskan menjadi imam.

Akhir Juni 2017, seorang putra kelahiran Lamanabi, 24 Februari 1975 ditahbiskan sebagai imam. Pastor Gabriel Hela Koten OCSO adalah rahib dari Ordo Trappist (Ordo Cisterciensis Strictioris Observantiae/OCSO) di Lamanabi, Larantuka. Pastor Gabriel mengatakan, hidup sebagai seorang Trappist adalah sebuah ziarah panjang mengikuti jejak Sang Guru. Menjadi imam, baginya, adalah sebuah proses yang panjang. Ia mengaku, panggilan ini tak lepas dari kehadiran para misionaris SVD dan kehadiran Pastor Mikael Santana OSCO dan Fr Dominikus Hayong OCSO. Perjumpaan ini seakan menjadi kekuatan bagi Pastor Gabriel untuk menjadi imam Trappist. “Tanpa membawa surat lamaran, Prior Titularis Pertapaan Lamanabi Pastor Mikael OCSO langsung menerima saya,” kisahnya. Pastor Gabriel adalah rahib keempat yang ditahbiskan sejak berdirinya Pertapaan Trappist Lamanabi tahun 1998.

Yusti H. Wuarmanuk

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here