HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Renungan Kamis, 17 Agustus 2017 : Warga Baik

245
[kompasiana.com]
Renungan Kamis, 17 Agustus 2017 : Warga Baik
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Pekan Biasa XIX; Sir 10:1-8; Mzm 101; 2 Ptr 2:13-17; Mat 22:15-21

SELURUH bacaan yang ditawarkan pada hari ini mengajak kita masuk dalam refleksi kebangsaan menurut Kitab Suci. Sebagaimana sebuah bangsa, terdiri dari tiga elemen dasar, yaitu rakyat, pemerintah, dan hukum yang mengatur.

Dalam bacaan pertama, Kitab Kebijaksanaan memberi sebuah dasar kokoh bagaimana tiga elemen itu harus bersinergi dengan baik. Dikatakan, pemerintah yang bijak menjamin ketertiban dalam masyarakat; pemerintah yang arif adalah yang teratur. Dengan jelas dikatakan seorang penguasa turut mempengaruhi sikap, pandangan, pola pikir, mentalitas rakyatnya.

Refleksi mendalam dari Kitab Kebijaksanaan bermuara pada kesadaran bahwa Allahlah, Sang Pemimpin sejati bagi umat-Nya. Penguasa ataupun raja hanyalah perpanjangan tangan Allah, untuk melayani umat Allah di dunia. Setidaknya ada tiga hal yang patut diperhatikan pada penguasa, yaitu jangan menaruh benci kepada sesama, jangan dikendalikan nafsu, menjauhkan diri dari sikap congkak dan lalim (kejam). Penguasa yang menjalankan tugas dengan baik, merupakan kehendak Allah, maka patut untuk ditaati.

Romo Josep Ferry Susanto

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here