HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Katedral di Kosovo untuk St Teresa Kalkuta

157
Katedral St Teresa dari Kalkuta di Kosovo. (catholicherald.co.uk)
Katedral di Kosovo untuk St Teresa Kalkuta
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – SEBUAH katedral di Kosovo akan didedikasikan untuk St Teresa dari Kalkuta. Katedral ini akan diresmikan pada 5 September mendatang, tepat pada peringatan 20 tahun wafatnya St Teresa dari Kalkuta. Paus Fransiskus telah mengutus Kardinal Ernest Simoni untuk konsekrasi katedral tersebut, seperti diberitakan catholicherald.co.uk, (17/8) . Perayaan akan digelar di Pristina Bill Clinton Boulevard mulai 26 Agustus mendatang.

“Ini akan menjadi peristiwa besar bagi Gereja kami dan semua orang, apapun iman dan latar belakang mereka,” ujar Pastor Shan Zefir, Administrator Apostolik Gereja Katolik di Kosovo yang berbasis di Prizren. “Ibu Teresa adalah seorang tokoh pemersatu, yang bekerja di antara orang Kristen dan Muslim dan dikagumi oleh semua orang. Katedral ini untuk menghormati dia dan menjadi hadiah besar bagi negara ini,” imbuhnya seperti dilansir Catholic News Service, (17/8).

Dalam perayaan ini, ujar Pastor Shan Zefir, para pemimpin Muslim dan Ortodoks akan hadir. “Jalinan dialog Gereja Katolik dengan masyarakat Islam di Kosovo sedang kami bangun,” ujarnya.

Gereja ini telah menjadi tempat ibadah sejak 2010 lalu. Gereja ini dibangun sejak 2007. Peletakan batu pertama dilakukan oleh almarhum Presiden Ibrahim Rugova pada 2005.

Rencana, akan ada dua menara lonceng setinggi 230 kaki menghiasi katedral ini. Di kaca jendela juga terpatri gambar St Teresa dari Kalkuta, St Yohanes Paulus II, Paus Benediktus XVI, dan Paus Fransiskus. Administrasi Apostolik di Kosovo didirikan pada 2000, dengan 24 paroki. Hingga saat ini, Vatikan belum mengakui Kosovo sebagai negara yang berdaulat.

Ada sekitar 65.000 umat Katolik di Kosovo, dari jumlah populasi sekitar dua juta jiwa. Hampir 95 persen penduduk Kosovo memeluk agama Islam. Kebanyakan warga Kosovo beretnis Albania, seperti St Teresa dari Kalkuta.

Y. Prayogo

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here