HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Renungan Jumat, 25 Agustus 2017 : Sekeping Logam

409
[lds.org]
Renungan Jumat, 25 Agustus 2017 : Sekeping Logam
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Hari Biasa Pekan XX; Rut 1: 1,3-6,14b-16,22 ; Mat 22:34-40; Mazmur 146:5-10

DALAM Injil hari ini, terdapat pertanyaan lain yang lebih rumit bagi Yesus, yakni tentang hukum yang terpenting. Orang-orang Yahudi selalu merujuk kepada lima Kitab dalam Kitab Suci yang dikenal dengan “Torah” atau “Hukum”. Pada masa Yesus, kelompok-kelompok keagamaan memperdebatkan tentang “hukum mana yang harus dituruti jika kita sungguh- sungguh ingin berpartisipasi di dalam kehidupan yang ditawarkan oleh Allah”.

Firman Allah (Kel 20:1-17; Ul. 6:6-21) menekankan dua kenyataan ini: relasi antara manusia dan Allah, serta relasi di antara sesama. Orang Israel mengakui, bahwa seseorang tidak dapat mengasihi Allah, tanpa mengasihi sesama yang tercipta menurut gambar dan rupa Allah (Kej 1:26). Kasih kepada Allah, secara khusus ditunjukkan kepada kaum miskin. Dalam Perjanjian Baru, Yesus menunjukkan bagaimana Allah memelihara orang miskin melalui cara yang istimewa (Luk 1:46-55). Dia menyamakan diri-Nya dengan orang yang dianiaya (Kis 9:4-5). Matius melukiskan salah satu dari sekian perumpamaan yang menarik tentang pengadilan terakhir, di mana Yesus menyamakan diri-Nya dengan orang lapar, orang asing, orang sakit, yang tidak memiliki rumah, dll (Mat 25:40,45).

Yesus menantang kita agar mengambil langkah pertama dan menjadi sesama bagi mereka yang membutuhkan (Luk 10:29-35). Yesus menunjukkan bahwa kasih kepada Allah harus didahulukan, namun kasih kepada sesama berjalan di sampingnya. Ia seumpama dua sisi dari sekeping logam yang tidak bisa dipisahkan.

Sr Grasiana PRR

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here