Uskup di India Temui Presiden Baru

276
Delegasi Konferensi Waligereja India bertemu dengan Presiden Ram Nath Kovind. (Dok. CBCI).
2/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – DELEGASI dari Konferensi Waligereja India (Catholic Bishops’ Conference of India/CBCI) bertemu Presiden India yang baru terpilih Juli lalu. Dalam pertemuan Kamis, 24/8, Presiden Republik India, Shri Ram Nath Kovind menghargai karya Gereja di India, terutama pelayanan bagi orang miskin dan tertindas. Delegasi yang terdiri dari delapan Uskup ini dipimpin Ketua Konferensi Waligereja India, Kardinal Baselios Cleemis Thottunkal.

Dalam pertemuan itu, Kardinal Thottunkal mengungkap fakta bahwa India adalah bangsa yang majemuk, tidak hanya keanekaragaman agama, tapi juga keragaman bahasa dan budaya. Bahkan, lanjut Kardinal Thottunkal, India memiliki gunung tertinggi dan samudera terdalam.

Sementara Presiden Ram Nath Kovind mengatakan bahwa di India tidak ada lagi minoritas dan mayoritas. “Kita semua adalah bagian dari satu negara,” tegasnya seperti dilansir Radio Vatikan, (25/8). Dia juga menghargai karya Gereja, terutama bagi orang miskin dan orang-orang yang tertindas. Presiden Ram Nath Kovind juga mengajak para Uskup di India untuk terus membangun spiritualitas umat. Pada akhir pertemuan, Presiden Ram Nath Kovind mengatakan bahwa dirinya membuka pintu bagi umat Katolik di India agar tak segan untuk bertemu dengan dia. Sementara Kardinal Thottunkal memberikan cinderamata berupa lukisan Hati Kudus Yesus. “Kami berdoa, semoga Tuhan memberkati Anda agar terus melayani negara ini,” ujar Kardinal Thottunkal kepada Presiden Ram Nath Kovind.

Y. Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here