Setelah Tiga Tahun, Umat Katolik di Mosul Bisa Merayakan Misa Lagi

306
Pastor Luis Montes merayakan Misa di Mosul, Irak. (Dok. Pribadi)
3/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.com – SETELAH Mosul, Irak bebas dari cengkeraman tangan kelompok Negara Islam (the Islamic State), orang-orang Kristen perlahan-lahan kembali ke sana. Beberapa komunitas Katolik pun kembali merayakan Misa.

Seperti diberitakan ewtnnews.com, (30/8), Pastor Luis Montes kembali merayakan Ekaristi awal bulan lalu di sebuah biara. Ia pergi ke Mosul untuk merekam realitas kehidupan komunitas Kristiani di Irak dan Suriah. Dalam sebuah video, Pastor Montes mengatakan bahwa perayaan Ekaristi bisa kembali dirayakan pada 9 Agustus lalu, tepat pada perayaan St Edith Stein, martir di sebuah kamp konsentrasi Nazi. “Ini anugerah yang yang luar biasa,” ujarnya.

Komunitas Katolik ini merayakan Misa di biara yang sudah rusak. Pintu-pintu biara yang terletak di bagian timur Mosul itu mengalami kerusakan parah. Puing-puing ada di mana-mana. Patung-patung juga rusak. Hiasan marmer di altar juga telah dilucuti. Pengalaman merayakan Ekaristi di tengah kehancuran ini sangat menakjubkan, ujar Pastor Montes. “Ini benar-benar hadiah dari Tuhan.”

Y. Prayogo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here