HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Meneladan St Teresa, Amalkan Pancasila

74
Bazar Paroki Cikarang.
[HIDUP/Antonius E. Sugiyanto]
Meneladan St Teresa, Amalkan Pancasila
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pada perayaan pesta pelindung, umat Paroki Cikarang menggabungkan spirit St Teresa dengan nilai-nilai kebhinnekaan.

INDONESIA memiliki beragam budaya dan agama yang menjadi dasar spiritual setiap warga negara. Keragaman itu menemukan pengayom, yakni Pancasila. Dengan dasar negara ini, setiap warga negara bebas menempatkan dirinya sesuai dengan identitas budaya bahkan agama masing-masing.

Spiritualitas kebangsaan ini, di Paroki Ibu Teresa Cikarang, disatukan dengan nilai-nilai cinta kasih sesuai ajaran St Teresa dari Kalkuta. Situasi seperti itu tampak dalam bazar yang diadakan menyambut pesta nama Paroki Cikarang, Minggu, 3/8.

Romo Antonius Suhardi An tara mengungkapkan, pada momen pesta nama paroki, umat ingin mewujudnyatakan cinta kasih dalam kebhinnekaan Indonesia. Semua rangkaian kegiatan menyambut pesta nama, diadakan untuk menghadirkan kasih di tengah masyarakat, misalnya lewat aksi sosial dan bazar. “Hal ini sesuai dengan ajaran Bunda Teresa, kasih juga harus diwujudkan dalam tindakan nyata.”

Kepala Paroki Cikarang ini menambahkan, dalam setiap kata dan tindakan itu ada kasih di sana. Pada momen pesta paroki ini, setiap umat diajak untuk mewujudkan kemanusiaan yang adil dan beradab, melihat sesama sebagai manusia yang berharga. “Bazar ini memang ditujukan untuk saling mengakrabkan umat satu sama lain. Suasana ini juga mampu mewujudkan kasih secara nyata.”

St Teresa melihat kehadiran dan keberadaan orang lain amat berharga. “Dalam diri sesama itulah kita menemukan Yesus, ini selaras dengan ajaran dari Bunda Teresa,” ungkap Romo Antara, menambahkan. Bunda Teresa di kanonisasi oleh Paus Fransiskus pada tahun lalu.

Ciecilia Widyawati, umat Paroki Cikarang yang berprofesi sebagai karyawan pabrik menjadikan figur St Teresa sebagai teladan iman. “Mengasihi sesama tanpa membedakan latar belakang,” ungkap Ciecilia menyoroti salah satu keutamaan St Teresa.

Masyarakat Cikarang yang beragam menuntut setiap warga untuk saling membantu dan memahami. Ignatius Suyanto mengungkapkan, sebagai warga Paroki Cikarang, ia bangga karena paroki juga memiliki kepedulian sosial. “Aksi sosial membagikan kaca mata gratis menjadi wujud dari kepedulian Gereja terhadap orang yang berkekurangan.”

Puncak rangkaian Pesta Nama Paroki Cikarang akan berlangsung pada Minggu 10 September mendatang. Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo, rencana akan merayakan Misa bersama umat Paroki Cikarang.

Antonius E. Sugiyanto

(Visited 1 times, 1 visits today)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here