HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Renungan Jumat, 15 September 2017 : Maria Dolorosa

561
[simpleofme.blogspot.com]
Renungan Jumat, 15 September 2017 : Maria Dolorosa
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Pekan Biasa XXIII; Ibr 5:7-9; Mzm 31:2-6,15-16,20; Yoh 19:25-27

MUNGKIN kita pernah melihat lukisan St Perawan Maria dengan hati yang tertusuk (tujuh) pedang? Itulah lukisan yang menggambarkan Bunda Maria Berdukacita atau Maria Dolorosa yang pestanya kita rayakan pada hari ini. Jelas bahwa lukisan ini diinspirasikan oleh nubuat Simeon yang terdapat dalam Injil Lukas 2:25-35. Dalam tradisi populer, ada tujuh peristiwa yang berkaitan dengan pesta hari ini. Semuanya berasal dari Alkitab, termasuk nubuat Simeon serta bacaan yang kita dengarkan hari ini (Yoh 19: 25-27).

Maria dan beberapa perempuan lain berdiri di kaki salib dan menjadi saksi kematian-Nya. Bisa dibayangkan bagaimana perasaan Bunda Maria pada waktu itu. Putra yang ia lahirkan dan besarkan, kini tergantung sekarat di kayu salib. Karena di salib, Yesus menyerahkan ibu-Nya kepada murid yang di kasihi yang menjadi lambang Gereja, maka kesedihan Ibu Yesus juga menjadi kesedihan para murid Yesus. Tetapi tidak hanya itu. Kesedihan para murid Kristus, akhirnya juga menjadi kesedihan Maria, Bunda Gereja.

Lalu? Bunda Maria adalah ibu rohani kita. Yang menderita bersama kita, tetapi juga menjaga dan menghibur kita, juga manakala kita jatuh. Kuplet ketiga dari lagu nDherek Dewi Mariyah mungkin bisa jadi permenungan: Menggah saking apesnya ngantos kelu setan; mboten yen ta ngantosa klantur babar pisan; uge ripun nyenyuwun Ibu temtu tetulung; Sang De wi, Sang Dewi mangestonana.

Romo V. Indra Sanjaya

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here