Pemberian Nama Baptis

1639
Pemberian Nama Baptis
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Romo yang saya kasihi, keluarga kami baru dikaruniai anak pertama, seorang perempuan. Setelah saya mencari nama untuk anak kami, saya tertarik dengan riwayat Santo Mikael yang diperingati pada hari kelahiran anak kami. Namun saya bingung untuk memberi nama yang tepat baginya.

Bisakah saya memberikan nama baptis Santo Mikael dan menjadi Santa Mikaela karena anak kami perempuan? Adakah nama Santa Mikaela dalam sejarah santo dan santa menurut Gereja Katolik. Mohon saran dan bimbingan Romo. Berkah Dalem.

Nanda, Solo

Sdr Nanda yang baik, sebagai orangtua, sangat mulia mempersiapkan sebuah nama yang bermutu dan baik untuk anak tersayang. Sebuah nama menggambarkan betapa orangtua menginginkan anaknya mempunyai karakter tertentu, atau dilindungi oleh pribadi tertentu yang dianggap orang suci atau malaikat. Tindakan ini sangat baik dan sangat “Katolik.”

Nama baptis adalah nama Kristiani yang dalam bahasa Inggris biasanya disebut Christian Name. Kita menyebut nama baptis, karena diberikan pada waktu dibaptis, sedangkan nama itu untuk negara dengan tradisi Katolik, akan diberikan dengan segera pada waktu bayi dilahirkan. Sesuai dengan namanya, maka nama ini seharusnya diberikan dengan maksud Kristiani, bermakna Kristiani, dan mendukung iman Kristiani juga.

Nama Kristiani diambil dari nama-nama yang ada di dalam Alkitab kita. Nama-nama itu biasa dipakai juga oleh saudara-saudari dari Gereja Protestan, karena berasal dari Kitab Suci yang sama. Nama Kristiani atau nama baptis dalam Gereja Katolik tidak hanya diambil dari Alkitab, tetapi juga dari tradisi Gereja, seperti kisah santo-santa, beata-beato, dan terutama dari Alkitab. Oleh sebab itu, ada nama-nama dalam Gereja Katolik yang tidak terdapat di agama lain karena sumber tradisi khusus Katolik itu.

Santo Mikael adalah nama Malaikat Agung, di antara tiga, Mikael, Gabriel, dan Rafael. Ada banyak malaikat, tetapi ketiga inilah dalam tradisi Katolik mendapat tempat yang istimewa dan diperingati secara khusus. Jadi, jika Anda ingin memakai nama ini untuk putri Anda, itu baik dan lazim. Mikael sama dengan (Micha’el atau Mîkhã’ ˜l), yang artinya serupa dengan Allah (Allah = El). Nama itu mempunyai banyak makna baik dalam sejarah. Yang pokok adalah bahwa Mikael itu malaikat agung (archangel) di atas malaikat lain.

Dalam Gereja Katolik, pengubahan atau penyesuaian nama serta pengucapan juga hal yang diperbolehkan. Seperti nama Fransiska, Fransita, atau Fransin adalah nama feminin dari nama Fransiskus. Demikian juga Gabriel, menjadi Gabriela. Dengan demikian nama Mikael menjadi Mikaela adalah sejajar dengan kasus yang saya sampaikan di atas.

Dengan menggunakan nama yang dimodifikasi, orang lain akan tetap tahu bahwa nama yang dimaksud pada dasarnya adalah Mikael. Nama itu mempunyai arti yang sangat baik, seperti juga para santo-santa yang lain. Anda dapat membacanya di website Katolik atau di dalam daftar nama Kristiani yang lain.

Perhitungkanlah harapan dan gambaran Anda mengenai anak yang dilahirkan. Sebuah nama mempunyai pesan tertentu yang tidak tertulis, tetapi diharapkan secara mental spiritual oleh orangtua maupun anak itu sendiri. Kurangi memberi nama dengan arti fisik, karena bisa sangat mempengaruhi perasaan seseorang, jika ternyata ia tidak tumbuh seperti yang digambarkan secara fisik dari namanya.

Nama Mikael atau Mikaela perlu dijelaskan kepada anak, ketika ia mulai mengerti. Penjelasan membuat pesan moral bagi anak itu untuk menyesuaikan diri dengan nama yang disandangnya. Hal baik pasti ada yang tertanam di benak sang anak. Semoga demikian untuk anak Anda.

Mengenai sejarah, nama Mikael memang ada dalam khazanah santo-santa. Sedangkan, jika memakai Mikaela, tentu maksudnya sama dengan Mikael, jadi pasti juga sama sejarah dan penjelasannya. Sebagai catatan, malaikat tidak mempunyai jenis kelamin, jadi tidak ada masalah jika kita memaksudkan arti baik dari nama itu untuk kedua jenis kelamin. Semoga penjelasan ini memberi peneguhan kepada Anda dan keluarga.

Alexander Erwin Santoso MSF

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here