Katekismus Gereja Katolik, Apaan Sih?

447
Katekismus Gereja Katolik sebagai kompendium (intisari)
Katekismus Gereja Katolik, Apaan Sih?
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.COM – Untuk sampai pada pemahaman yang sistematik akan isi iman, semua orang dapat menemukannya di dalam buku Katekismus Gereja Katolik (KGK) suatu sarana bantu yang sangat berharga dan tak tergantikan.

Katekismus adalah salah satu dari buah-buah terpenting Konsili Vatikan Kedua (Konsili Ekumenis ke-21 dari Gereja Katolik Roma yang dibuka oleh Paus Yohanes XXIII pada 11 Oktober 1962 dan ditutup oleh Paus Paulus VI pada 8 Desember 1965 – dikutip Wikipedia).

Dalam Konstitusi Apostolik Fidei Depositum yang ditandatangani, Santo Yohanes Paulus II menulis, “Katekismus ini akan menjadi suatu kontribusi yang sangat penting bagi karya pembaruan seluruh kehidupan Gereja. Saya menyatakan Katekismus menjadi suatu alat bantu yang sah dan legitim bagi persekutuan gerejawi dan menjadi norma yang pasti bagi pengajaran iman”. [sumber: Surat Apostolik Paus Benediktus XVI, Porta Fidei, Pintu Kepada Iman, no.11]

Prasetyantha (dalam blognya “giovannipromesso” di slideshare.net) membagikan beberapa penjelasan singkat mengenai KGK sebagai dokumen gereja yang alangkah baiknya ketahui sebagai umat Katolik.

Untuk mengetahui isi lebih spesifik, laman “http://www.ekaristi.org/kat/” cukup memudahkan kita untuk mencari referensi katekismus menurut nomor artikel tertentu.

(A.Bilandoro)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here