HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Keramik Agama: Komoditi Untuk Diperjual-Belikan

192
Goro-Goro Bhinneka Keramik (foto: Florentina Woro)
Keramik Agama: Komoditi Untuk Diperjual-Belikan
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM – Goro-Goro Bhinneka Keramik

Seniman Indonesia, pemain teater sekaligus pelawak, Butet Kertaredjasa, menggelar pameran tunggal bertema “Goro-Goro Bhinneka Keramik” di Gedung A Galeri Nasional, Jakarta. Pameran yang mengangkat isu politik, sosial, budaya, dan agama ini berlangsung pada tanggal 30 November 2017 hingga 12 Desember 2017.

Begitu memasuki ruang pameran, pengunjung akan disambut dengan patung celeng berkaki emas. Begitu juga di ruangan lainnya, akan ditemui celeng-celeng dengan berbagai warna. Celeng memiliki dua arti. Yang pertama, celengan, yaitu tempat menyimpan uang karena ada celah untuk memasukan uang di patung celeng ini. Sedangkan arti kedua celeng yang berarti babi hutan yang memiliki konotasi dengan sifat tamak.

Selain celeng, terdapat lukisan Punakawan dan beberapa lukisan presiden Republik Indonesia yang ditampilkan Butet dalam lukisan yang unik dan menggelitik. Terdapat pula beberapa pemeo dalam bahasa JawaSebagian besar karya yang ditampilkan berupa keramik, namun ada juga kolase yang disusun sedemikan rupa di atas pelat besi, kayu, dan bata.

Keramik bertuliskan bahasa latin, Fiat justitia et pereat mundus (Biarlah keadilan ditegakkan, walaupun dunia hancur) terpampang pada pintu masuk sebuah ruang dengan judul pameran Obral Nabi. Ruangan ini menampilkan karya yang berkaitan dengan Yesus.

Selain lukisan Yesus yang memakai mahkota duri di keramik, terdapat juga kolase keramik di atas plat besi yang menampilkan Yesus disalib. Sebuah lukisan Yesus berwajah sedih dengan tulisan obral yang berjudul “Kolekte” cukup eye catching karena dilukiskan dengan cat berwarna cerah. Butet mau menggambarkan agama saat ini sering kali dijadikan sebagai komoditi untuk diperjual belikan.

Semoga zat yang Suci tak menjadi barang obral. Tak jadi gincu tukang tipu. Amin.” – Butet Kertaredjasa

Florentina Woro

 

(ab)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here