Panggilan Awam Untuk Bangsa

97
Mgr. Rolly saat memberikan pemaparan. (Foto : Lexie Kalesaran)
Panggilan Awam Untuk Bangsa
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.COM-USKUP Manado Mgr Benediktus Estephanus Rolly Untu MSC mengatakan, peran Gereja dalam menata dan membangun hidup bersama berlandaskan Pancasila terletak di pundak kaum awam. Peran umat awam menjadi sangat sentral dalam reksa pastoral Gereja. Hal ini terbukti dengan kunjungan 20 birokrat sipil dan beberapa anggota DPRD yang bertatap muka dengan Mgr Rolly di Wisma Keuskupan Manado, Rabu, 6/12.

Melania J. Tulusan, salah satu peserta Tatap Muka saat berbagi pengalaman (Foto : Lexie Kalesaran)

Mgr Rolly mengatakan, Gereja melalui dokumen Apostolicam Actuositatem dan Gaudium et Spes memanggil umat awam terlibat dalam duka dan suka dunia ini. Umat awam diajak ikut serta meresapi dan menyempurnakan tata dunia dengan semangat Injil. Mgr Rolly juga menegaskan bahwa Gereja Katolik membuka diri untuk membangun dialog dengan agama lain yang didasari ketulusan. “Dialog ini penting untuk membangun sikap saling mengenal, meruntuhkan berbagai kecurigaan, dan mengikis fanatisme agama,” tandasnya.

Melalui dialog, sambung Mgr Rolly, Gereja ingin meneruskan misi Tuhan, yaitu merobohkan tembok-tembok pemisah dan membangun jembatan persahabatan dengan semua orang. Ini demi mewujudkan persaudaraan sejati yang mengarah kepada hidup bersama yang lebih damai dan tenteram.

Sementara Kabag Keuangan Setwan Kabupaten Bolang Mongondow, Melania Tulusan mengucapkan terima kasih atas berbagai harapan dari Gereja Katolik untuk Provinsi Sulawesi Utara, “Kiranya pemimpin Gereja dapat memberi pendampingan bagi kami dalam menjalankan amanat rakyat,” ungkap Melania.

 Lexie Kalesaran (Manado)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here