HidupTV Siaran Televisi Katolik Pertama di Indonesia yang dapat ditonton melalui Televisi yang menggunakan Parabola KU-Band. HidupTV bersifat Free to Air sehingga anda juga dapat menyaksikan siaran TV Nasional lainnya secara gratis. HidupTV dapat juga ditonton secara Streaming Internet melalui www.Hidup.tv atau www.HidupKatolik.com. INFO: (021) 5491537 atau WA: 0812-8926-7548 (HidupTV) atau email: [email protected]

Mencecap Pesona Nusantara di Perayaan Natal Bersama KYP Malang

137
HADIAH: Sinterklas memberikan hadiah kepada penari asal SDK Marga Bakti, Kota Malang usai menampilkan Tari Pelangi Nusantara dalam perayaan Natal Bersama KYP (foto: Vandri)
Mencecap Pesona Nusantara di Perayaan Natal Bersama KYP Malang
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Redaksi Hidup Digital telah menerima tulisan dari Vandri yang berasal dari Komunitas St.Yusuf Pekerja (KYP) tentang kegiatan perayaan Natal bersama KYP. KYP merupakan wadah pekerja dan profesional muda Katolik di Malang, Jawa Timur.


MALANG- Kekayaan  budaya nusantara hadir dalam perayaan Natal Bersama Komunitas St.Yusuf Pekerja (KYP) di aula Yayasan Karmel Keuskupan Malang di Kota Malang, Minggu (7/1) yang lalu. Hal itu tampak dalam pementasan Tari Pelangi Nusantara oleh pelajar SDK Marga Bakti Kota Malang.

Pementasan tarian oleh empat pelajar itu dilakukan usai misa bersama. Begitu tampil, para pelajar kelas 5 SDK Marga Bakti ini langsung mengundang decak kagum anggota KYP, perwakilan OMK dan sejumlah anak-anak yang hadir.

Mereka menyuguhkan ciri khas budaya Indonesia melalui gerak tari dan lagu tradisional yang dipadu dalam tarian ‘Pelangi Nusantara’.  Diantaranya perpaduan gerak dan musik  Tari Saman dari Aceh,  Sik Sik Sibatumanikam dari Sumatera Utara,  Ondel-Ondel asal Betawi, Tarian Ngapote dari Madura serta gerak tari Papua dengan iringan lagu Yamko Rambe Yamko.

“Kami ingin menghadirkan Indonesia melalui gerak tari, Tarian Pelangi Nusantara ini,” kata pelatih tari SDK Marga Bakti, Shinta Prischila.

Ketua Panitia Natal Bersama KYP, Theresia Restu Lisawati mengatakan, pementasan tarian  oleh anak-anak merupakan salah satu upaya apresiasi seni anak-anak sekaligus membangun rasa bangga terhadap kebudayaan Indonesia.

Selain pementasan tarian kata Rere, sapaan akrab Theresia Restu Lisawati, Natal Bersama KYP juga diisi dengan berbagi kasih dengan anak-anak. Sebab anak-anak merupakan bagian dari masa depan bangsa dan gereja. Selain itu juga mengajak sejumlah OMK hadir dalam perayaan Natal Bersama.

Lebih lanjut Rere menjelaskan, perayaan Natal Bersama KYP diisi dengan berbagai kegiatan. Diawali misa lalu dilanjutkan pementasan seni, pemberian tali asih kepada anak-anak oleh sinterklas, permainan kreatif, tukar kado dan resepsi.

Koordinator KYP, Agustinus Bobby Widyanto menjelaskan, perayaan Natal Bersama tahun ini mengusung tema ‘Berbagi Kasih Natal, Merekat Persaudaraan’. Salah satu wujud berbagi kasih yakni memberi apresiasi dan motivasi serta tali asih kepada anak-anak yang merupakan masa depan gereja dan bangsa.

“Selain itu memberi motivasi kepada anak-anak agar rajin belajar untuk meraih masa depan mereka,” kata Bobby.

Sedangkan merajut persaudaraan diwujudkan dalam kebersamaan mengadakan Natal Bersama. Dalam kegiatan ini, anggota KYP dan profesional muda Katolik di Kota Malang sama-sama semarakan acara yang dikemas dalam semangat persaudaraan.

Perayaan Natal Bersama KYP tahun ini merupakan yang kelima kali sejak tahun 2014 lalu. Ini merupakan salah satu kegiatan rutin untuk mempertemukan para pekerja dan profesional muda Katolik di Malang Raya dan sekitarnya.

KYP merupakan komunitas yang mempertemukan para pekerja, wirausahawan dan profesional muda Katolik di wilayah Keuskupan Malang. Komunitas ini terbentuk usai Weekend Karyawan-Karyawati Muda Katolik yang diadakan oleh KKI Keuskupan Malang ketika Direktur Diosesan (Dirdios) dijabat oleh Romo FX Didik Bagiyowinadi Pr pada tahun  2013 lalu. Selain kegiatan Natal Bersama, KYP juga mengadakan rekoleksi dan Outbond (Reborn), Aksi Sosial, Pendalaman Iman, Bakti Profesi dan berbagai kegiatan persaudaraan.

(ab)

(Visited 1 times, 2 visits today)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here