Melawan Konten Negatif

154
Seminar “Anak Muda Zaman Now yang Smart dan Bijak Bermedia” pada Sabtu, 3/2 oleh Seksi Pendidikan OMK Katedral (Gereja St.Maria Diangkat ke Surga)
Melawan Konten Negatif
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Seksi Pendidikan Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Katedral-Gereja St.Maria Diangkat ke Surga Jakarta menyelenggarakan Seminar “Anak Muda Zaman Now yang Smart dan Bijak Bermedia” pada Sabtu, 3/2, di ruangan St. Yohanes.

Hadir sebagai pembicara, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes (Pol) Martinus Sitompul.  Ia menyoroti pentingnya sikap kritis dan bijak dalam menggunakan media sosial (medsos). Menurut Martinus, medsos bukan lagi ruang privat. Kelompok-kelompok tertentu memanfaatkan peluang ini.

Hoax dan konten negatif, lanjut Martinus,  tidak bisa dihindari karena merupakan produk kemajuan teknologi. Untuk menghadapi konten negatif tidak hanya mengandalkan penegakan hukum tapi juga upaya pencegahan.

Ada beberapa cara yang dilakukan Polri untuk melawan konten negatif. “Di antaranya, melakukan literasi di media sosial, membentuk komunitas-komunitas anti-hoax, melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat,” paparnya.

Sedangkan Dosen dan Kepala Pusat Pengembangan Etika Universitas Katolik Atma Jaya, Alexander Seran, menyoroti  krisis yang dihadapi Tanah Air belakangan ini. Ia menyarankan agar umat melihat krisis sebagai peluang, bukan ancaman. “Kita harus menggunakannya dan secara cermat dan bijaksana,” paparnya.

Ketua Panitia Seminar, Dominika Faliandro, senang dengan berlangsungnya seminar ini. Menurutnya, seminar ini terinspirasi dari fenomena membludaknya OMK di medsos.

Wilhelmus Matrona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here