Paus Paulus VI Segera Menjadi Santo Tahun Ini

349
Paus Paulus VI (lastampa.it)
Paus Paulus VI Segera Menjadi Santo Tahun Ini
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com  – “PAUS Paulus VI akan menjadi orang suci tahun ini.” Pernyataan ini dilontarkan Paus Fransiskus dalam sebuah dialog dengan para iman di Roma, pekan lalu. Seperti dilansir vaticannews.va (17/2), Paus Fransiskus melanjutkan, “Baru-baru ini, ada dua Uskup Roma, pendahulu saya, yang sudah menjadi orang suci, yakni Paus Yohanes XXIII dan Paus Yohahes Paulus II. Dan lebih dari 80 paus telah diakui Gereja sebagai orang suci.”

“Sementara, Paus Emeritus Benediktus XVI dan saya ada dalam daftar tunggu,” ujar Paus Fransiskus bercanda. “Maka, doakan kami selalu.”

Paus menyebutkan bahwa Paus Paulus VI adalah seorang yang hebat, seorang rasul yang tak kenal lelah memberikan kesaksian iman yang penuh cinta bagi Kristus dan Gereja. “Dia seorang Paus yang memiliki pandangan jauh ke depan, bijaksana, tak pernah kehilangan sukacita dan kepercayaan kepada Allah. Ia mengabdikan seluruh hidup pada tugas suci. Ia menjadikan Gereja sebagai ibu yang penuh kasih bagi seluruh keluarga umat manusia.”

Paus Paulus VI telah dibeatifikasi oleh Paus Fransiskus pada 19 Oktober 2014. Ia lahir di Italia, 26 September 1897 dengan nama Giovanni Battista Enrico Antonio Maria Montini. Pada usia 23 tahun, ia menerima rahmat tahbisan imamat sebagai imam Keuskupan Brescia, Italia. Ia ditunjuk sebagai Uskup Agung Milan, Italia, pada 1 November 1954. Empat tahun kemudian, 15 Desember 1958, ia terpilih sebagai Kardinal.

Pada konklaf 1963, ia terpilih sebagai Paus, dan mengambil nama Paulus VI. Ia menggantikan Paus Yohanes XXIII yang wafat. Ia menjalankan masa kepausan dari 21 Juni 1963 hingga 6 Agustus 1978 atau sekitar 15 tahun.

Y. Prayogo

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here