Pelatihan Renstra Forum Credit Union KAJ

183
Pastor Ferdy memberikan ceramah pentingya CU memiliki Renstra.
[HIDUP/FeliciaPH]
Pelatihan Renstra Forum Credit Union KAJ
3 (60%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Pelatihan Renstra Forum Credit Union KAJ

KOMISI Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Jakarta (PSE KAJ) bersama Forum Credit Union (CU) KAJ mengadakan pelatihan pembuatan rencana strategis (Renstra). Pelatihan berlangsung di Gedung Lembaga Daya Dharma KAJ (LDD-KAJ), Sabtu, 24/3. Sejumlah 24 CU hadir dalam penataran yang melibatkan Tim PSE, Koperasi, dan pengurus CU.

Pelatihan dengan tema ‘Strategic Planning’ ini dibawakan oleh Pastor Fredy Rante Taruk. Kegiatan ini merupakan perwujudan dari tiga pilar CU, yakni pendidikan, swadaya, dan solidaritas.

Pastor Ferdy Rante Taruk memberikan kerangka dasar pembuatan Renstra.
[HIDUP/FeliciaPH]
Ketua PSE KAJ, Pastor Justinus Sigit Prasadja SJ, menyatakan pelatihan Forum CU akan diadakan sebanyak lima kali sepanjang tahun 2018. “Fungsi PSE bagi Forum CU adalah menjadi fasilitator dan penggerak,” ungkapnya.

Pelatihan Renstra bertujuan untuk membantu CU mengelola diri sendiri agar mampu melayani orang lain. Renstra akan mengarahkan CU memiliki sasaran jelas untuk mengadakan modal atau memperkuat hukum.

Pastor Fredy menekankan agar para pengurus CU menganalisa ancaman dan peluang terlebih dahulu sebelum merumuskan Renstra. Dengan Renstra, iklim CU akan baik. “Bukan pola reaktif responsif yang menyelamatkan CU, tetapi Renstra,” tuturnya.

Diskusi peserta menyimpulkan banyak CU belum memiliki Renstra. Maka, mereka merindukan tata kelola strategis serta kehadiran Forum CU KAJ. Pengurus CU Sri Asih Paroki Grogol, Natalia Susana, menyatakan, “Saya mendapat banyak masukan, pembelajaran, dan tentu banyak yang harus diperbaiki.”

Felicia Permata Hanggu

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here