Memberdayakan Masyarakat Lewat Pastoral Care PMKRI Sungai Raya

134
Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) cabang Sungai Raya, Sanctus Albertus Magnus mengadakan perjumpaan bersama umat Katolik di Stasi Santo Carolus Borromeus, Paroki Santo Fidelis Ambawang, Keuskupan Agung Pontianak, Minggu, 18/3.
[Dokumen:PMKRI Sungai Raya]
Memberdayakan Masyarakat Lewat Pastoral Care PMKRI Sungai Raya
3.7 (73.33%) 3 votes

HIDUPKATOLIK.com – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) cabang Sungai Raya, Sanctus Albertus Magnus mengadakan perjumpaan bersama umat Katolik di Stasi Santo Carolus Borromeus, Paroki Santo Fidelis Ambawang, Keuskupan Agung Pontianak pada Minggu, 18/3.

Kegiatan bernama Pastoral Care (PC) dilaksanakan secara berjenjang selama lima bulan. Setiap bulannya PMKRI cabang Sungai Raya melakukan kunjungan dua kali dalam sebulan yaitu setiap Jumat dan Minggu.

PMKRI melakukan kegiatan dengan model pemberdayaan, pendampingan iman, memberikan penyuluhan serta sosialisasi langsung kepada masyarakat. Baik itu dalam bidang agama, sosial, pendidikan, dan ekonomi dengan sistem jejaring, bekerja sama dengan berbagai pihak, diantaranya Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE).

90 kepala keluarga dengan jumlah umat Katolik sebesar 300 jiwa ikut serta dalam menyukseskan rangkaian kegiatan yang telah diagendakan oleh PMKRI dan panitia kecil di Stasi Carolus Borromeus.

Pastoral Care Ke IV ini merupakan program kerja dari Presidium Gerakan Kemasyarakatan (GERMAS) PMKRI Cabang Sungai Raya Sanctus Albertus Magnus. Program kerja ini dilaksanakan secara berjenjang yang dilakukan mulai dari November 2017 hingga Maret 2018.

Presidium Gerakan Kemasyarakatan (GERMAS), Donatus mengatakan, melalui Pastoral Care diharapkan dapat membawa pengaruh positif kepada masyarakat di Stasi Carolus Borromeus secara terwujud dan berkelanjutan.

“Penutupan Pastoral Care bukan merupakan akhir dari hubungan komunikasi antara PMKRI dan masyarakat di stasi ini melainkan penutupan secara formal dari rangkaian kegiatan PC,” tuturnya.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Sungai Raya, Edoardus mengatakan, Pastoral Care merupakan satu di antara program unggulan yang ada di PMKRI cabang Sungai Raya. “Kegiatan PC ini secara langsung memberikan edukasi kepada setiap kader PMKRI cabang Sungai Raya karena tidak ada organisasi lain yang berani dan mampu melakukan pendampingan kepada masyarakat dengan memakan waktu 5 hingga 6 bulan,” katanya.

Ketua Panitia, Handri Wiranata menegaskan, Pastoral Care ini merupakan kegiatan rutin PMKRI Cabang Sungai Raya dengan melakukan pemberdayaan masyarakat yang berjenjang. “Kegiatan ini lebih menyangkut ke non fisik karena meningkatkan semangat kaum muda dan semangat iman kristiani,” bebernya.

Sebagai mahasiswa, Pastoral Care bisa dikatakan semi bakti sosial. Apa yang dilakukan ini sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu mengabdi kepada masyarakat.

“Harapan saya untuk kegiatan selanjutnya semoga adanya Pastoral Care ini menjadi wadah semangat kaum muda untuk membangun masyarakat kristiani yang sehat,” harapnya.

Ketua Umat Stasi Carolus Borromeus, Ignasius Loren mengatakan, dengan kehadiran PMKRI cabang Sungai Raya ini sangat membantu umat dengan melakukan kegiatan secara fisik maupun nonfisik.

“Kegiatan non fisiknya berupa live in ke rumah warga, pembinaan iman, kumpul bersama OMK, serta melakukan ibadat di rumah warga dan kegiatan fisiknya, kami bersama teman-teman PMKRI  melakukan gotong royong untuk membangun gereja,” ujarnya

Ketua Orang Muda Katolik (OMK) Stasi Carolus Borromeus, Agustina Melin menceritakan, kegiatan PMKRI  selama ini sangat membantu OMK dengan mengajar anak-anak Sekami.

Selain itu PMKRI cabang Sungai Raya juga memberikan sosialisasi kepada OMK terkait peran orang muda terhadap Gereja. “Kami OMK di stasi berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan PMKRI  seperti mengajar anak Sekami, ibadat lingkungan dan lain sebagainya,” ujar Agustina.

Tri Natalia Urada (Sekretaris Jenderal PMKRI Cabang Sungai Raya)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here