Kekuatan Silaturahmi

207
Huda (Sekretaris GP Ansor Prov Banten), Pastor Felix SS.CC, Ratno (Wakil Ketua DPP), dan Umat bergandengan tangan menyanyikan lagu Kita Bhinneka, Kita Indonesia.
[Dokumen pribadi Paroki Citra Raya]
Kekuatan Silaturahmi
3.8 (76%) 5 votes

HIDUPKATOLIK.com – Minggu, 18/3 di Gereja St. Odilia, Paroki Citra Raya mengundang Huda, sekretaris GP Ansor Provinsi Banten untuk memberikan motivasi kebangsaan kepada lebih dari dua ribu umat. Acara dilaksanakan setelah Misa Kudus.

Huda menyampaikan bahwa untuk menjalin relasi yang baik antar pemeluk agama dalam masyarakat, kita harus melakukan silaturahmi. Silaturahmi dapat dimulai dari hal-hal biasa, seperti ikut tahlilan.

Huda (Sekretaris GP Ansor Prov Banten), Pastor Felix SS.CC, Ratno (Wakil Ketua DPP), dan umat bergandengan tangan menyanyikan Lagu Kita Bhinneka, Kita Indonesia.

Kedatangan satu tahlilan pasti akan diundang ke tahlilan yang lain sehingga semakin lama semakin mengenal dan dikenal masyarakat. Memang tahlilan merupakan ajang silaturahmi yang baik. Kehadiran merupakan tahap pertama dari bentuk silaturahmi.

Tahap kedua silaturahmi adalah keteladanan. Kita harus berusaha menjadi teladan (rujukan) masyarakat khususnya, dalam hal kebaikan, moral, dan etika.

Tahap ketiga silaturahmi adalah pelayanan. Pelayanan disini berarti kita berusaha menjadi pribadi yang selalu siap membantu sesama, seperti bakti sosial dan gotong royong.

Tahap keempat silaturahmi adalah kepeloporan. Kita bisa menyampaikan gagasan-gagasan baru untuk kesejahteraan bersama.

Tanpa kehadiran dan keteladanan yang matang, kebaikan apapun dan ide secemerlang apapun bisa disalah artikan, sehingga akan menimbulkan keresahan dan perpecahan.

Sebaliknya, ketika kehadiran kita sudah dapat dipahami dan keteladanan kita sudah dapat dilihat masyarakat, kebaikan dan gagasan kita akan berbuah karena mendapat dukungan bersama sehingga akan mempererat persaudaraan.

Karena itu, mari kita habituskan (membiasakan) kehadiran dan keteladanan sebagai bentuk silaturahmi, sehingga kerukunan terjadi.

Kehadiran Huda sangat menggembirakan umat Katolik Paroki St. Odilia karena mendapatkan rangkulan persaudaraan umat Muslim. Acara ini ditutup dengan menyanyikan lagu “Kita Bhinneka, Kita Indonesia”.

Kita Bhinneka, Kita Indonesia, Salam Kerukunan

Pastor Felix Supranto, SS.CC

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here