Polres JakPus, Polsek Sawah Besar, dan Brimob Bersinergi Demi Cipta Kondisi Pengamanan Gereja Katedral

113
Kompol Sawah Besar Mirzal, DanUnit Gegana Korps Brimob Polri, Pinilih Waluyo Jati (mulai ketiga dari kiri) bersama tim pengamanan di depan PosPam Gereja Katedral, usai Misa Krisma, 29/3.
[Hidup/A.Bilandoro]
Polres JakPus, Polsek Sawah Besar, dan Brimob Bersinergi Demi Cipta Kondisi Pengamanan Gereja Katedral
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Dalam rangka persiapan pelaksaan misa Pekan Suci di Gereja Santa Perawan Maria Diangkat ke Surga, Paroki Katedral, Hidup menjumpai Kapolsek Sawah Besar Polres Jakarta Pusat, Komisaris Polisi (Kompol) Mirzal Maulana di sela-sela kesibukannya. Usai misa Krisma pada Kamis, 29/3, sekitar pukul 10.50, ia mengatakan tentang tugas perdananya sebagai Kapolsek, satu hari setelah serah terima jabatan, berdasarkan instruksi dari Kapolda Metro Jaya.

Kompol Mirzal menyampaikan bahwa Katedral adalah bagian dari obyek pengamanan dari Polsek Sawah Besar, yang keberadaannya masih dalam wilayah hukum Polres Jakarta Pusat. “Kami selaku Kapolsek Sawah Besar, berdasarkan surat perintah dari Kapolres Jakarta Pusat, bertindak selaku Kepala Pengamanan Obyek Kegiatan dari pelaksanaan Misa Paskah ini,” katanya.

Lebih lanjut Mirzal menjelaskan, pengamanan terbagi untuk beberapa titik yang ada di Katedral melibatkan sekitar 30 personil, untuk arus lalu lintas jalan maupun kantong-kantong parkir para jemaat yang menitipkan kendaraannya di depan Katedral, tepatnya di mesjid Istiqlal.

Sementara Panitia Paskah Paroki Katedral, dalam pengumumannya menyampaikan, ada beberapa kantong-kantong parkir di sekitar Gereja Katedral, saat pelaksanaan Tri Hari Suci (29-31 Maret 2018), yaitu Halaman Parkir Kantor Pos Besar, Halaman Parkir Sekolah Santa Ursula (hadap Lapangan Banteng) dan Halaman Parkir Mesjid Istiqlal.

“Kami ada pos pengamanan (pospam) disini, dibantu oleh Korps Brimob Polri yang ikut melakukan pengamanan untuk cipta kondisi, sehingga pengamanannya sampai selesai,” imbuh Mirzal.

Ia berharap agar dengan demikian, kegiatan bisa berjalan dengan aman, lancar, dan tertib, tanpa mengganggu kekhusyukan dari ibadah yang dilaksanakan di dalam gereja Katedral.

“Kami terus melakukan pemantauan dan pengamanan kegiatan sampai dengan selesai, yaitu hingga hari Minggu,” ujar Mirzal bersemangat.

Pengamanan terhadap kegiatan ini harus tetap berjalan. Dibantu oleh satpam internal, untuk mengamankan jalur-jalur masuk maupun keluar, mendeteksi dari fungsi intelijen, fungsi penindakan reskrim, fungsi Sabhara untuk pencegahan, sebelum terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Kompol Sawah Besar Mirzal melakukan koordinasi pengamanan di depan Gereja Katedral, usai Misa Krisma, 29/3.
[Hidup/A.Bilandoro]
“Intinya kami melaksanakan fungsi pengamanan, dibantu rekan-rekan dari Korps Brimob Polri untuk mengontrol kegiatan-kegiatan di seputaran wilayah hukum Polsek Sawah Besar,” beber Mirzal di depan Pospam yang terletak persis di depan zebra cross penyeberangan antara gereja Katedral dan mesjid Istiqlal.

 

DanUnit Gegana Korps Brimob Polri, Pinilih Waluyo Jati, yang dijumpai bersama Mirzal saat itu, menyampaikan tentang Patroli Quick Wins yang sedang dijalankannya dalam dua minggu ini. Quick Wins adalah salah satu program Kapolri dalam pencegahan/ preventif kriminal. “Hari ini melaksanakan penjagaan di seputar Sawah Besar, berkoordinasi dengan Kompol Mirzal,” ujar Waluyo yang memimpin lima anggotanya secara langsung, demi mengantisipasi kerawanan-kerawanan yang akan terjadi.

Apresiasi layak kita berikan atas dukungan pengamanan yang telah dilakukan oleh segenap jajaran Korps Kepolisian Republik Indonesia, khususnya kepada Polres Jakarta Pusat, Polsek Sawah Besar, dan Korps Brimob Polri yang telah bekerja sedemikian, demi cipta kondisi pengamanan di Gereja Katedral.

 

Antonius Bilandoro

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here