Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu

118
Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dalam Pemilu di Aula Paroki St Markus Depok. [Foto:NN/Dok.pribadi]
Sosialisasi Partisipasi Masyarakat Dalam Pemilu
2.5 (50%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Pengurus Pusat Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Kota Depok – Komisi Daerah (Komda) Jawa Barat bersinergi dengan sejumlah elemen organisasi kemasyarakatan dari Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA) cabang Kota Depok, Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Pusat, dan Dewan Paroki Pleno (DPP) St Markus Depok bersama elemen Forum Masyarakat Katolik Indonesia (FMKI) Kota Depok berkolaborasi bersama.

Mereka menyelenggarakan acara Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Umum​ di Aula Paroki St Markus Depok pada Minggu, 22/4. Acara tersebut merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya berupa Gelar Wicara Hari Kartini pada Sabtu, 21/4, dengan tema “Perempuan, Gereja dan Negara dalam Bingkai Kebhinekaan”. Dalam kesempatan tersebut dilangsungkan penyerahan Surat Keputusan (SK) Caretaker Pemuda Katolik Komcab Kota Depok.

Rangkaian kegiatan yang diawali dengan Kartini Day ini memberikan pemahaman terhadap bagaimana perempuan, gereja dan negara dalam bingkai kebhinekaan. Ketua PK Komcab Kota Depok, Aroli Ignatius Zai menyampaikan tujuan dari acara tersebut yaitu bagaimana umat bisa teredukasi untuk bisa beraktivitas di luar gereja, menjadi gereja yang mandiri, orang Katolik yang beraktivitas (kerawam). “Implementasinya di bidang politik ialah dengan acara sosialisasi Pemilu,” ungkap pria yang akrab disebut bung Zai.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Komisioner PanWasLu (Panitia Pengawas Pemilu) Kota Depok hadir sebagai narasumber dalam acara sosialisasi tersebut. Lebih lanjut, bung Zai menjelaskan tentang keterlibatan kepanitiaan dari Keuskupan Bogor yang terdiri dari beberapa dekenat: Tengah, Utara, Selatan, dan Barat.

Depok yang termasuk dalam wilayah Dekenat Utara, diketuai oleh Pastor Alforius Gregorius Pontus OFM yang membidangi Kemasyarakatan sekaligus Moderator. “Penyelenggaraan acara bersinergi dengan Seksi Kerawam Paroki St Paulus Depok sekaligus Ketua ISKA Depok, Darius Leka,” ujarnya memungkasi perbincangan.

 

Antonius Bilandoro

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here