Gerakan Literasi Bagi Siswa

45
Aktifitas membaca para siswa SMP PL St Yosef Surakarta. [Hidup/F.X. Triyas Hadi Prihantoro]
Gerakan Literasi Bagi Siswa
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Ayo membaca merupakan salah satu kegiatan di sekolah dalam upaya membudayakan literasi. Maka kegiatan ini menjadi penting karena membudayakan membaca bagi siswa. Hal itu dilakukan di tengah masifnya penggunaan gadget di era teknologi informasi dan komunikasi.

Hal ini menjadi tujuan  utama dalam Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang diinisiasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satunya di SMA Panghudi Luhur Santo Yosef Solo, Kamis, 9/3.

Dalam kegiatan ini melibatkan siswa kelas X dan XI ini, ditampilkan beberapa ekstrakurikuler siswa. Selain itu ada juga kegiatan membaca koran bersama. Pemandu acara Noor Atmadja lalu meminta siswa untuk menceritakan kembali salah satu isi topik koran yang dibaca.

“Kegiatan ini sebagai ajakan dan dukungan gerakan literasi, dengan tidak asal baca namun mampu dan tahu isi permasalahan,” ucap penyiar radio Solopos FM ini. Kepala SMA Panghudi Luhur Santo Yosef, Br Stefanus Ngadenan FIC mengatakan, saat ini aktivitas membaca menghadapi banyak tantangan berat, terutama di era teknologi yang maju pesat.

“Sebenarnya dengan aktif membaca akan membuka jendela dunia, namun saat ini banyak orang lebih berminat membuka gawai. Dan kegiatan ayo membaca diharapkan akan menumbuhkan dan menggairahkan minat baca bagi siswa dan guru disini,” tandasnya.

FX Triyas Hadi Prihantoro (Surakarta)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here