Usaha Menghijaukan Pemukiman

162
Salah satu pendiri Pepulih, Bintang Nugroho (baju putih) bersama penggagas kelompok itu, Pastor Ignatius Ismartono SJ (paling kanan) bersiap untuk memotong tumpeng ulang tahun. [Dok.Filemon Sagala]
1/5 - (1 vote)

HIDUPKATOLIK.com – Kelompok Pemerhati dan Peduli Lingkungan Hidup (Pepulih) merayakan ulang tahun ke-14. Acara yang bertepatan dengan Hari Bumi itu diisi dengan Seminar “Menuju Permukiman Berkelanjutan yang Adil bagi Generasi Mendatang”, di Aula
TK Tarakanita, Rawamangun, Jakarta Timur, 22/4.

Kepala Pusat Standarisasi Lingkungan dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Noer Adi Wadojo menjabarkan, standar fasilitas publik dalam mendukung pemukiman hijau di Indonesia mengalami perbaikan kualitas layanan belakangan ini.

“…Kami (juga) mendorong untuk melakukan pemilahan sampah, hemat energi, penggunaan air yang efisien, dan penggunaan bahan kimia yang bertanggungjawab,” paparnya.

Kepala Seksi Penilaian Uji Kompotensi dan Sertifikat Kompetensi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Murtiningsih, menekankan pentingnya sumber daya manusia.

Terkait dengan itu, Wakil Ketua Pepulih dan penerima Kalpataru Propinsi DKI Jakarta, Ruliyati Puji Lestari, menambahkan, edukasi kepada anak-anak dan generasi muda mengenai pemukiman hijau amat penting. “Mereka harus dibekali sehingga membentuk spiritualitas integritas dan karakter yang memiliki kepedulian dan berbelarasa terhadap bumi dan alam,” pungkasnya.

Willy Matrona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here