INGIN KELUARGA ANDA BAHAGIA? BEGINI TIPSNYA

39
INGIN KELUARGA ANDA BAHAGIA? BEGINI TIPSNYA
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – SETIAP orang menginginkan keluarganya bahagia. Rasa itu tak selalu ditentukan oleh seberapa banyak harta atau kekayaan yang kita miliki. Keluarga yang bahagia juga tak berarti sepi atau bahkan tak ada tantangan yang menempa hidup bersama itu. Memang, tak ada keluarga yang sempurna, tapi tak berarti keluarga Anda tak bisa merasa bahagia bukan? Begini tipsnya untuk menumbuhkan dan merawat kebahagian keluarga Anda.

Ada tiga lapis relasi dalam setiap keluarga, yakni hubungan antara suami dan istri, orangtua dan anak, serta hubungan keluarga dengan masyarakat, dunia dan segala isinya. Dari ketiga hubungan itu ada tiga dimensi yang wajib dipenuhi antara lain lahir, batin, dan rohani. Bila ketiga aspek itu terpenuhi maka manusia akan merasa bahagia.

Vikep Keuskupan Agung Jakarta, Pastor Alexius Andang Listya Binawan SJ menganalogikan kebahagian itu seperti menanam pohon. Agar berbuah ranum, pohon harus ditanam di tanah yang baik, diberi pupuk, dan digembur tanahnya, agar banyak menyerap makanan sehingga mempercepat pohon itu berbuah.

“Proses penggemburan ini dalam kehidupan adalah sesuatu yang tidak enak, perjuangan. Ini yang harus diupayakan…Dalam kekurangan itu, iman dalam keluarga tumbuh, ada kasih yang berlimpah dalam keluarga,” ujarnya, dalam talkshow tentang keluarga, di Aula Paroki St Fransiskus Asisi Tebet, Jakarta Selatan, Minggu, 18/3.

Tidak ada keluarga yang sempurna. Setiap keluarga mengalami perjuangan, jatuh-bangun, ujar Kepala Paroki Asisi Pastor Damian Doraman OFMCap. Namun, lanjut Pastor Doraman, kasih, kesetiaan, dan pengampunan merawat relasi setiap anggota keluarga. “Kasih, kesetiaan, dan pengampunan perlu dihayati sehingga bisa menjalankan hidup dengan bahagia,” pungkasnya.

Santi Kunarjo, Lovell Thona

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here