Dubes Vatikan Hadiri Pentahbisan Uskup Tanjung Selor

552
Mgr. Paulinus Yan Olla, MSF bertemu Paus Yohanes Paulus II pada tahun 2003. (Dokpri. Mgr. Paulinus Yan Olla, MSF)
Dubes Vatikan Hadiri Pentahbisan Uskup Tanjung Selor
3.3 (65%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.com – TANJUNG SELOR – Ribuan umat Katolik dari berbagai daerah di Kalimantan Utara (Kaltara) akan menghadiri pentahbisan Uskup Keuskupan Tanjung Selor,Paulinus Yan Olla MSF di Lapangan Agathis Tanjung Selor, Bulungan.

Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Tanjung Selor, Pastor Alexander Palino mengatakan, pentahbisan Uskup Mgr Paulinus Yan Olla di Tanjung Selor telah lama ditunggu umat Katolik di Kaltara, setelah selama tiga tahun Keuskupan Tanjung Selor mengalami kekosongan pimpinan pasca Uskup Mgr Harjosusanto ditunjuk sebagai Uskup Agung Samarinda, Kaltim pada Februari 2015 lalu.

“Prosesi pentahbisan Uskup Tanjung Selor pada Sabtu (5/5) di Agathis, rencananya Pentahbisan itu dipimpin langsung oleh Duta Besar Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia Uskup Agung Piero Pioppo. Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Katolik Kementerian Agama Republik Indonesia, dikabarkan akan hadir besok (hari ini),” ungkapnya, Kamis (3/5).

Lanjutnya, selain 15 Paroki se-Kaltara, 37 Uskup dari seluruh Indonesia dipastikan akan hadir untuk mengikuti kegiatan yang digelar selama 3 hari di Tanjung Selor ini. Kemudian Dubes Vatikan akan membacakan surat penunjukkan dari Paus Fransiskus atas terpilihnya Mgr Paulinus Yan Olla sebagai Uskup Tanjung Selor menggantikan Mgr Harjosusanto yang kini menjabat Uskup Agung di Samarinda.

“Pentahbisan Uskup baru di Kaltara tidak saja mendapatkan sambutan hangat dari umat Katolik di Kaltara dan seluruh Indonesia, ucapan juga datang dari saudara-saudara kita yang berasal dari non Katolik, mereka ikut senang dengan kehadiran Uskup baru yang akan bekerjasama mempererat tali silaturahmi dan toleransi antar umat beragama khususnya di Kaltara,” jelasnya.

Ditegaskannya, umat Katolik di Indonesia khususnya di Kaltara akan berada di barisan terdepan menjaga semangat kebersamaan dan persatuan antar komponen masyarakat. “Jabatan Uskup adalah pelayanan dan siap menerima perintah Paus Fransiscus sebagai Kepala Negara Vatikan dan pemimpin Umat Katolik Sedunia,” pungkasnya.

ISA

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here