Pimpinan Ormas Katolik Mengecam Aksi Kejahatan Terorisme!

406
Pernyataan Ormas Katolik Mengecam Aksi Kejahatan Terorisme!. [Ilustrasi: HIDUP/A.Bilandoro]
3/5 - (2 votes)

HIDUPKATOLIK.com – Aksi bom bunuh diri yang meledak di Gereja Katolik Santa Maria Tak Tercela, Gereja Kristen Indonesia dan Gereja Pantekosta 146 di Surabaya pada hari ini adalah tindakan nyata kejahatan terorisme. Aksi teror hari ini, telah menyebabkan duka, air mata dan bahkan darah yang tercurah pada saat perayaan Ibadah dan Ekaristi di Gereja menjadi saksi hilangnya toleransi dan akal sehat.

Ledakan bom ini tidak hanya merusak harta benda, dan juga korban yang meninggal dunia dan beberapa orang luka berat, tetapi juga mengoyak kerukunan umat beragama yang sudah kita jaga. Oleh karena itu, kami menyampaikan kepada keluarga korban dan kepada Bangsa Indonesia, bahwa kami merasakan duka yang sangat dalam serta prihatin dengan peristiwa bom bunuh diri ini.

Kami turut berdukacita, turut berbelasungkawa atas korban kemanusiaan yang telah meninggal dunia, Beristirahatlah dalam damai di surga.

Kami memandang persatuan dan kesatuan dan kebhinekaan adalah keniscayaan yang harus terus menerus kita jaga, rawat, dan pertahankan dengan segenap jiwa dan raga sebagai suatu sebuah bangsa yang berdaulat.

Kami juga memandang bahwa tragedi kemanusiaan ini telah melukai hati kita, anak-anak bangsa. Kita memang masih berduka, tetapi kita ingin bangkit dan melawan kejahatan terorisme dan semua tindakan intoleransi di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Maka, dengan ini para Pimpinan Organisasi Massa Katolik di Indonesia menyatakan sikap sebagai bentuk keprihatinan kami atas peristiwa aksi bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya tanggal 13 Mei 2018, sebagai berikut:
1. Kami mengutuk keras aksi segala macam bentuk aksi terorisme di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kami menyerukan supaya tidak takut terhadap pelaku teror. Mari kita bersatu melawan segala bentuk aksi teror. Semangat persatuan dan kebhinekaan adalah keniscayaan yang harus terus-menerus kita jaga, rawat dan dipertahankan sebagai sebuah bangsa yang merdeka dan berdaulat;

2. Kami mendesak sekaligus mendukung aparat keamanan, khususnya Polri untuk mengusut tuntas pelaku teror dan menanngulangi jaringan terorisme di NKRI. Hukum harus ditegakkan dan pelaku teror harus diproses melalui hukum yang berlaku dan mendapatkan hukuman yang setimpal;

3. Kami mengajak semua pihak, khususnya umat Katolik di NKRI untuk menciptakan suasana yang kondusif di masyarakat, mempererat persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa untuk melawan kejahatan terorisme, dan tetap merawat komitmen kebangsaan

Akhir kata, mari kita memperkuat komitmen kebangsaan, dan kami memandang tidak ada tempat bagi pelaku teror di Negara Pancasila. Oleh karena itu, kepada seluruh elemen anak bangsa, kami mendorong untuk bersama-sama membangun Indonesia dengan semangat kebersamaan, kegotong-royongan, mewujudkan solidaritas tanpa sekat tanpa terpecah belah oleh politik identitas dan ujaran kebencian.

#KamiPancasila
#KamiIndonesia
#KamiTidakTakut

Jakarta, 13 Mei 2018

Hormat kami,

1. Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia
Hargo Mandirahardjo (Ketua Presidium)
Benny Sabdo (Sekretaris Jenderal)

2. Presidium DPP Wanita Katolik Republik Indonesia
Justina Rostiawati (Ketua Presidium)
Lies Budi (Sekretaris Jenderal)

3. Pengurus Pusat Pemuda Katolik
Karolin Margret Natasa (Ketua Umum)
Christhoper Nugroho (Sekretaris Jenderal)

4. Pengurus Pusat Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia
Juventus Prima Y. Kago (Ketua Presidium)
Thomson Sabungan Silalahi (Sekretaris Jenderal)

5. Sekretaris Nasional Forum Masyarakat Katolik Indonesia
Veronica wiwiek Sulistyo (Ketua Seknas FMKI)

6. Forum Masyarakat Katolik Indonesia Keuskupan Agung Jakarta
Yulius Setiarto (Ketua Umum)

Pimpinan Ormas Katolik Mengecam Aksi Kejahatan Terorisme!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here