Hantu Radikalisme

63
Yenny Wahid, Lukman Hakim, dan Jimly Assidiqie (kiri-kanan).
[HIDUP/Decky Adiarto]
Hantu Radikalisme
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – SAAT ini, masyarakat hidup di dua dunia: nyata dan maya. Tak hanya “bermukim” di dua tempat berbeda, komunikasi di masing-masing dunia itu pun amat berlainan.

Perbedaan itu kerap menimbulkan distorsi dan mispersepsi. Demi mencegah suatu yang tak diinginkan, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengajak masyarakat untuk memiliki sifat tenggang rasa dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu disampaikan Lukman saat menjadi salah satu pembicara dalam Dialog Nasional Aplikasi Kehidupan Berbhinneka “Kita Adalah Satu, Kita Indonesia, Kita Pancasila” yang digelar oleh Perkumpulan Alumni Kanisius di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa, 8/5.

Gubernur PTIK Irjen Pol.Remigius Sigid Tri Hardjanto menambahkan, di sekolah di bawah naungannya terdiri para polisi dari berbagai suku. Penerapan Pancasila secara nyata juga telah dilakukan. Sehingga, mereka bisa cair antara satu sama yang lainnya.

[Dok.HIDUP/ Decky A]
Sementara Yenny Wahid mengungkap, Indonesia saat ini tengah dihantui oleh radikalisme dan intoleransi. Dari survei yang dilakukan oleh Yenny Wahid Institute, saat ini angka radikalisme di Indonesia mencapai 0,4% yang melakukan tindakan radikal. “Tapi, mayoritas dari jumlah itu bukanlah pelakukanya, melainkan mereka adalah penyumbang ke organisasi radikal,” katanya.

Para narasumber dalam Dialog Nasional Aplikasi Kehidupan Berbhinneka “Kita Adalah Satu, Kita Indonesia, Kita Pancasila” yang diadakan oleh Perhimpunan Alumni Kanisius pada 8/5 di Ball Room Hotel Pullman, Jakarta. [HIDUP/ A.Bilandoro]
Acara ini juga menghadirkan pembicara lain, seperti Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Assidiqie, Guru Besar UIN Syarief Hidayatullah Jakarta Komaruddin Hidayat, dan Guru Besar STF Driyarkara Pastor B. S. Mardiatmadja SJ.

Decky Adiarto

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here