Kepedulian Suster RT FSGM Terhadap Lingkungan Hidup

154
Pelatihan hari-1, kegiatan pembuatan kerajinan tangan berupa daur botol plastik menjadi bunga, [Dok.Denok Marty Astuti]
Kepedulian Suster RT FSGM Terhadap Lingkungan Hidup
3 (60%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Dewan Suster Rumah Tangga FSGM (diantaranya Sr. M. Cyriaca FSGM dan Sr. M. Leonarda FSGM) mengadakan kegiatan pelatihan pengolahan sampah mandiri sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Acara ini dilaksanakan secara rutin satu kali dalam setahun, dengan melibatkan para Suster dan Karyawan/karyawati Rumah Tangga. Pelatihan tahun ini diadakan selama 3 hari, 23-25 Mei di Rumah Retret (RR) Laverna Padang Bulan Pringsewu Lampung.

Materi pengajaran adalah pembuatan kompos, pembentukan bank sampah, kerajinan tangan daur ulang (daul) dari botol bekas, kulit jagung, kain perca, karpet telur, garnish sayur, dan buah.

Antusiasme tampak dari 40 peserta yang berasal dari Lampung, Palembang, Wonogiri, dan Jakarta. Mereka terdiri dari 15 suster dan 25 karyawan/ karyawati rumah tangga. Pada hari ke-2 pelatihan, Kamis, 24/5, peserta diajarkan bagaimana membuat kerajinan tangan dari sampah kulit jagung menjadi boneka.

Denok Marty Astuti, penggiat lingkungan hidup dan narasumber materi pelatihan sejak hari pertama menuturkan, pengelolaan sampah mandiri adalah pemilahan sampah, pengomposan, bank sampah, dan kerajinan tangan daur botol plastik. “Besok membuat pizza dan garnish (hiasan untuk sesuatu, terutama makanan-red.),” ujar perempuan kelahiran Solo, Jawa Tengah ini.

Sementara Sr. M. Leonarda FSGM selaku ketua panitia  mengungkapkan tujuan kegiatan ini yaitu agar semakin menambah pengetahuan dan kreativitas para suster dan karyawan/i bagian rumah tangga mengenai pengelolaan sampah mandiri. “Selain membuat kerajinan tangan, juga bagaimana mempercantik makanan dengan garnish, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik,” pungkas Sr.Leo.

 

Laporan: Denok Marty Astuti / A.Bilandoro

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here