Makin Trinitas Makin Indonesia

790
Perayaan Puncak ulang tahun ke-40 Paroki Trinitas Cengkareng. [Dok.Pribadi]
Makin Trinitas Makin Indonesia
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com  PAROKI Trinitas Cengkareng, Keuskupan Agung Jakarta, merayakan hari ulang tahun yang ke-40 pada Minggu, 27/5. Perayaan yang bertepatan dengan Hari Raya Tritunggal Maha Kudus dipimpin Provinsial Oblat Maria Imakulata Pastor Tarcisius Eko Saktio, OMI.

Setelah Misa, Panitia mengadakan kegiatan Pesta Umat. Di sore hari, Vikjen Keuskupan Agung Jakarta Pastor Samuel Pangestu juga berkesempatan memimpin Misa dengan intensi sama. Pastor Samuel mengungkapkan, agar Paroki Cengkareng selain membangun fisik dan fasilitas gereja, juga dengan sungguh-sungguh mengupayakan pembangunan iman umat.

Ia menyoroti apa yang terjadi di Eropa, dimana banyak gereja yang telah sepi umat. “Pembangunan iman umat jauh lebih penting, bahkan yang paling penting harus dilakukan paroki. Dengan iman yang kuat maka umat akan tetap setia di dalam Gereja.”

Ulang tahun panca windu ini dirayakan selama satu tahun penuh, dibuka dengan Misa Promulgasi HUT 40Th Paroki Cengkareng pada 27 November 2017. Selama setahun panitia menggelar aneka kegiatan yang bertujuan sebagai syukur, nostalgia, dan perayaan peristiwa bersejarah ini.

Selain kegiatan tersebut di atas, panitia antara lain juga mengadakan kegiatan penciptaan logo dan jingle paroki, seminar kesehatan, lomba fotografi, pasar murah untuk umat paroki dan warga sekitar gereja.

Paroki berusaha menumbuhkan spiritualitas Trinitas umat dan kesadaran akan nilai-nilai kebangsaan. Kepala Paroki Rudi Rahkito Jati OMI menjelaskan, selama setahun tema perayaan syukur ingin mengajak umat mendalami relasi cinta yang ditunjukkan Allah Tritunggal. “Dengan ‘Makin Trinitas’, diperjuangkan agar umat semakin menghayati keutamaan Trinitas. Dengan ‘Makin Indonesia’, umat diajak untuk semakin menyadari dan mencintai bangsa Indonesia yang beragam.”

 

Gregorius Junus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here