Ulang Tahun Lintas Iman

88
Kenduri lintas iman di Gereja Ganjuran, DI Yogyakarta. [HIDUP/H.Bambang S]
Ulang Tahun Lintas Iman
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com RATUSAN warga sekitar Candi Hati Kudus Ganjuran berdatangan di pelataran candi tersebut. Mereka duduk lesehan di atas tikar untuk kenduri bersama. Kegiatan ini tak hanya diikuti kaum pria, tapi juga wanita dari berbagai agama.

Acara dihadiri Bupati Bantul Suharsono, anggota DPR RI My Esti Wijayati, sejumlah suster dan para imam Gereja setempat. Kegiatan ini dalam rangka merayakan ulang tahun ke-94 Paroki Hati Kudus Yesus Ganjuran, Bantul, DI-Yogyakarta, Kamis, 21/6.

Candi di komplek Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (HKTY), Ganjuran.
[Dok.Skolastika Lanny]
Ketua Panitia Marvianus Windu Hadi Kuntoro menjelaskan, doa kenduri dipimpin para pemuka agama secara bergantian. Mulai dari Islam dipimpin Warsito, selanjutnya Kristen oleh Pendeta Suharjono, kemudian Wagimin memimpin doa secara Hindu, Hari Sujoko mewakili aliran kepercayaan, dan terakhir FX Tugiyono secara Katolik.

“Ini sebagai ungkapan syukur Gereja Ganjuran menjadi berkat, dengan menjalin kerukunan,” kata Windu. Sementara itu, Bupati Harsono menyambut baik diselenggarakannya kenduri bersama ini.

Menurutnya, tradisi Jawa seperti ini sangat bermanfaat untuk menjalin keragaman dan kebhinnekaan. “Keragaman perlu dirawat untuk menjaga kerukunan, dengan mengedepankan kebhinnekaan. Saya yakin, semangat cinta kasih akan menghadirkan kedamaian dan menjadikan kesejahteraan bersama,” tuturnya.

Denah Komplek Gereja HKTY Ganjuran, Yogyakarta.
[Dok.Skolastika Lanny]
My Esti pun mengapresiasi kegiatan seperti ini. Ia berharap kebersamaan seperti ini meluas di tempat lain, sehingga kian menguatkan jalinan kebersamaan antar umat beragama.

 

H. Bambang S (Yogyakarta)

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here