PSGSJ Atma Jaya Meraih Dua Medali Emas di Ajang Singapore Intl Choral Fest

698
Hari pertama kategori Sacra di Singapore International Choral Fest (SICF), 19-22 Juli 2018. Pada kategori ini, PS GSJ memperoleh "gold" dengan nilai 86,2. [Dok.official panitia SICF]
PSGSJ Atma Jaya Meraih Dua Medali Emas di Ajang Singapore Intl Choral Fest
3.8 (75%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.com Berita gembira datang dari ajang Singapore International Choral Fest (SICF) di Singapore pada Kamis-Minggu, 19-22/7, ketika Paduan Suara (PS) Gita Swara Jaya (GSJ) dikabarkan menerima penghargaan medali emas (Gold Medal) pada dua kategori lomba, Sacra dan Mixed Choir.

Sebagaimana disampaikan oleh salah satu peserta yang mengikuti ajang tersebut, Rachel, mengungkapkan bahwa PS GSJ memiliki impian untuk maju ke perlombaan yang memiliki standar lebih tinggi dan lebih menantang. “Dan tentunya untuk memberikan prestasi bagi bangsa,” jelas Rachel dalam mengungkapkan motivasi keikut-sertaannya.

Hal itu tidaklah berlebihan, mengingat PS GSJ tercatat telah mengantungi sejumlah prestasi di tingkat nasional maupun internasional, antara lain meraih Gold Medal untuk kategori ‘Female Choir’ dalam Paduan Suara ITB XXI dan meraih tiga Gold Medal untuk kategori Musica Sacra (Juara 1), Gospel dan Spiritual, Folklore/Ethnic dalam Kompetisi Pesparawi X di UKSW, Salatiga.

PSGSJ pada kategori mixed choir, turut memperoleh gold medal dengan nilai 80,3.
[[Dok.official panitia SICF]
Kini PS GSJ dengan keterlibatan dari para mahasiswa aktif (anggota aktif PSM dan pengurus), alumni, dengan komposisi Sopran (7 orang), Alto (6 orang), Tenor (5 orang), Bass (5 orang) dan pelatih, kembali mengukir prestasi dengan membuktikan visi dan misinya, dengan memperoleh penghargaan tersebut.

Rachel menambahkan, prestasi ini pun tidak lepas dari dukungan yang diterima dari beberapa lembaga antara lain Kementrian Pariwisata, Asuransi Wahana Tata, dan dana bantuan dari pihak Universitas Atma Jaya, Jakarta.

Selama mengikuti kegiatan, Rachel membagikan pengalaman yang dirasakannya sangat menegangkan dan sedemikian menantang. “Mulai dari penyanyi dan pelatih hingga pengurus, emuanya bekerja keras untuk memberikan yg terbaik. Dengan hasil yang didapatkan, tentu kami sangat bersyukur atas berkat Tuhan,” tutur mahasiswa semester akhir itu.

Anggota PSGSJ, Rachel, menunjukkan tanda penghargaan yang telah diraih pada Singapore Intl Choral Fest di Singapore, 19-22/7/2018.
[Dok.pribadi]
Kendala yang sempat dihadapinya ialah proses naik turunnya. “Tetapi kami bersyukur memiliki pelatihan yang dapat mengendalikan kami, sehingga bisa memperoleh hasil yang optimal, sambil terus meningkatkan kualitas dan prestasi,” pungkas Rachel.

PS GSJ (pada awalnya bernama Paduan Suara Mahasiswa Unika Atma Jaya) didirikan pada tahun 1979 oleh beberapa mahasiswa Atma Jaya yang ingin memiliki wadah untuk menyalurkan hobi menyanyi (dilansir dari laman atmajaya.ac.id/).

Visinya adalah berprestasi di tingkat nasional dengan keindahan dan kualitas suara yang baik sehingga membuka gerbang ke dunia internasional. Sementara Misi PSGSJ adalah menjadi paduan suara yang solid dan berkualitas, baik dari segi suara maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Kegiatan rutin PSGSJ adalah berpartisipasi dalam acara wisuda sarjana dan sumpah dokter.

Motto PS GSJ, “Many gifts, one spirit: dengan anugerah Tuhan kita satu semangat dalam pelayanan melalui nyanyian” dan prestasi yang telah diraih semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita dalam berkarya dan berprestasi, sesuai talenta yang telah diberikan.

 

Antonius Bilandoro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here