Gereja Baru Umat Babel

295
Mgr Adrianus Sunarko, OFM membuat tanda salib di pintu gereja St Petrus Kampung Jeruk. [Dok.Fannie Lie]
Gereja Baru Umat Babel
4 (80%) 4 votes

HIDUPKATOLIK.com UMAT Katolik harus memberi contoh bagaimana menjaga kesakralan gereja, sebab gereja adalah Rumah Tuhan. “Kita perlu menjaga diri dengan berkata-kata yang baik di Rumah Tuhan,” demikian disampaikan Uskup Pangkalpinang, Mgr Adrianus Sunarko OFM dalam Pemberkatan Gedung Gereja St Petrus Kampung Jeruk, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Kamis, 28/7.

Pemberkatan yang dibuka dengan Misa syukur ini dihadiri sedikitnya 500 umat dan 21 imam sebagai konselebran. Tampak juga tamu undangan dari Pemerintah Provinsi Babel, anggota DPR, pihak kepolisian serta anggota Forum Komunikasi antar Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bangka Belitung.

“Saya berharap umat Katolik menjadikan Bangka Belitung sebagai miniatur kerukunan antar umat beragama yang ada di Indonesia,” ujar Didit Didit Srigusjaya anggota DPR RI perwakilan Provinsi Babel.

Gereja St Petrus ini berjarak sekitar 12 kilometer dari Ibukota Provinsi. Sekitar 47 tahun silam, gereja perdana St Petrus Kampung Jeruk sudah berdiri dengan ukuran bangunan 11 X 13 meter. Perkembangan umat menuntut gereja ini “disulap” menjadi 25 X 45 meter, termasuk teras.

Gereja ini mulai pembangunan pertama pada 27 Mei 2011. Di balik semua itu, umat St Petrus merasakan campur tangan almarhum Mgr Hilarius Moa Nurak SVD dalam awal pendirian gereja ini.

 

Fannie Lie (Pangkalpinang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here