Benih Kepasrahan Iman

67
Benih Kepasrahan Iman
5 (100%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com PW Sta. Klara, Perawan; Hab 1:12-2:4; Mzm. 9:8-9,10-11,12-13; Mat.17:14-20

YESUS menegaskan kepada para murid-Nya bahwa bagi yang percaya tidak ada sesuatu yang mustahil. “Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.” (Mat 17:20).

Santa Klara adalah wanita pertama yang merasa antusias dengan cita-cita Santo Fransiskus dari Asisi karena sudah memiliki hubungan rohani dengannya sejak berumur 18 tahun. Hidup bakti yang dipilihnya dengan melarikan diri dari rumah keluarga, diikuti dua minggu kemudian oleh saudarinya Santa Agnes dari Asisi, menjadi satu teladan perjuangan terus menerus untuk mencapai satu hidup dalam kemiskinan total demi Kerajaan Allah.

Berhadapan dengan situasi dunia yang parah dan satu generasi umat yang membutuhkan pembaruan iman, ia mendirikan Ordo Kedua Fransiskan, suster-suster Klaris. Perjuangan yang ditekuninya sendiri dalam kepasrahan iman karena hampir seluruh paruh kedua hidupnya dijalaninya sambil terbaring sakit.

Akan tetapi teladan dan semangatnya terus dikenang dalam Gereja, karena seperti kata nabi: “orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.” (Hab. 2:4).

 

Pastor Vitus Rubianto Solichin, SX
Dosen Kitab Suci STF Driyarkara Jakarta, Doktor Teologi Kitab Suci dari Universitas Gregoriana, Roma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here