Gelar Deklarasi #Kita_Indonesia, PMKRI Perangi Isu SARA

137
PMKRI menggelar roadshow gerakan #Kita_Indonesia. [Foto: Antus Seran]
Rate this post

HIDUPKATOLIK.com Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia menggelar deklarasi kebangsaan dengan tema #Kita_Indonesia untuk memerangi isu-isu primordialistik berbau SARA yang berpotensi memecah-belah bangsa, di Kupang, Sabtu, 11/8.

Penanggung jawab umum kegiatan tersebut, Rinto Namang, mengungkapkan bahwa deklarasi ini merupakan rangkaian dari roadshow kebangsaan yang akan digelar oleh PMKRI di 15 kota se-Indonesia.

“Deklarasi di Kota Kupang merupakan gelaran perdana dari rangkaian roadshow kebangsaan yang akan kita gelar di 15 kota yang bertujuan untuk mengajak mahasiswa, generasi muda, dan umum untuk memerangi politik SARA yang mengoyak tenun kebangsaan”, ujar Namang yang menjabat sebagai Presidium Gerakan Kemasyarakatan Pengurus Pusat PMKRI periode 2018-2020.

Selain itu, dirinya juga mengemukakan alasan PMKRI menggelar roadshow gerakan #Kita_Indonesia, selain untuk mengajak elemen masyarakat untuk merawat kebhinekaan, juga sebagai gerakan moral untuk membangun toleransi di akar rumput.

“Ini adalah gerakan moral yang mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan di kalangan bawah agar solid, ketika ada gejolak politik yang dimainkan oleh segelintir elit politik negeri ini”, terangnya.

Ia menilai gerakan ini perlu dan penting digaungkan di seluruh penjuru negeri demi membangun kesadaran setiap generasi muda tentang pentingnya arti persatuan dalam membangun Indonesia yang lebih baik. “Gerakan ini perlu di tengah situasi bangsa hari ini, agar kesadaran untuk memperkokoh bangsa menjadi kebutuhan bersama”, ujar Namang.

Deklarasi tersebut dirangkai dalam gerak jalan sehat dari depan Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga rumah jabatan Gubernur NTT, live music, dan menari massal dan dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan pemuda lintas agama.

 

Engelbertus Tobin
Ketua PMKRI Kupang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here