Pesan Uskup Suharyo Menyambut Kemerdekaan ke-73 RI

112
Pesan Uskup Suharyo Menyambut Kemerdekaan ke-73 RI
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia pada Jumat, 17/8, Uskup Agung Jakarta sekaligus Ketua Presidium Konferensi Waligereja Indonesia, Mgr Ignatius Suharyo menyampaikan pesan kemerdekan.

“Mari merawat ingatan bersama… Dirgahayu Republik Indonesia”, demikian inti pesan yang disampaikan melalui tautan berikut: https://www.youtube.com/watch?v=mPms8BZG8Q4&feature=youtu.be

Mgr Suharyo menyampaikan rasa syukur atas ulang tahun Republik Indonesia, bahwa Kemerdekaan NKRI merupakan sebuah rangkaian sejarah yang sebelum dan sesudahnya adalah karya agung Tuhan, melalui perintis, pendiri bangsa, dan semua komponen bangsa dengan cara yang berbeda-beda.

“Keyakinan inilah yang kita ungkapkan dalam prefasi tanah air, ‘sepanjang sejarah Engkau mencurahkan kasih sayang yang besar kepada kami. Engkau menumbuhkan kesadaran kami sebagai bangsa, kami bersyukur atas bahasa yang mempersatukan kami, dan atas Pancasila, dasar kemerdekaan kami.'”

Dalam doa prefasi ini diringkas sejarah panjang negara dan bangsa Indonesia dalam tiga tonggak, Kebangkitan Nasional, Sumpah Pemuda, dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selanjutnya Mgr Suharyo turut mengajak kita untuk mewujudkan rasa syukur dengan merawat ingatan bersama, dengan turut memikul tanggung jawab sejarah, demi Indonesia yang semakin adil, sejahtera, dan damai. “Dirgahayu Republik Indonesia.”

 

Antonius Bilandoro

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here