Berani dan Tabah

48
Berani dan Tabah
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com Pesta St. Bartolomeus, Rasul; Why 21:9b-14; Mzm. 145:10-11,12-13ab,17-18; Yoh 1:45-51

KITAB Wahyu memiliki gambaran tentang surga yang sangat rinci, meliputi unsur-unsur bangunan yang megah, alam semesta, arah mata angin, pribadi-pribadi dan angka-angka yang merupakan simbol-simbol keselamatan.

Intinya senantiasa pada Allah yang berinisiatif menampakkan kemuliaan-Nya kepada manusia dan membawa manusia menuju kepenuhan akhir zaman, di mana nama keduabelas suku Israel serta nama keduabelas rasul tertulis pada pintu gerbang dan tembok Kota Suci.

Kepenuhan yang dilukiskan dengan indah itu dijanjikan oleh Yesus kepada Natanael, ketika Natanael bersama Filipus datang kepada Yesus dan berkata, “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!” (1:49).

Hari ini, Gereja mengenang Santo Bartolomeus, rasul yang dikenal sebagai Natanael bar Tolomai, artinya anak Tolomeus. Ia berasal dari Galilea, hidup pada abad pertama dan berkarya mewartakan Injil di Galilea, Yerusalem, Asia Kecil, India dan Armenia.

Bartolomeus wafat sebagai martir dengan dikuliti hidup-hidup di Albanopolis, Armenia (bagian tenggara Turki sekarang). Keberanian dan ketabahannya sangat dikenal.

Selain menjadi santo pelindung Armenia, ia juga pelindung bagi orang yang membutuhkan keberanian dan kekuatan iman dalam membela kebenaran. Pada abad keempat jenazah Bartolomeus dipindahkan ke sebuah gereja di Roma.

 

Monica Maria Meifung
Alumna Prodi Ilmu Teologi STF Driyarkara Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here