Membangkitkan Budaya Membaca

26
Nafsiah Mboi menyampaikan sambutan saat peresmian Ben & Nafsiah Mboi Collection. [HIDUP/Felicia Permata Hanggu]
Membangkitkan Budaya Membaca
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com RIBUAN buku berbagai tema tersusun rapi dalam deretan rak-rak di perpustakaan Unika Atma Jaya, Jakarta Selatan. Koleksi “jendela dunia” itu tak hanya berisi tentang ilmu pengetahuan, tapi juga berkisah tentang cinta seorang pria bernama Brigjen (Purn) Aloysius Benedictus Mboi.

Sejak duduk di bangku SMA, mantan gubernur NTT selama dua periode itu memiliki minat khusus pada kebijakan publik, sejarah, bahasa, dan kesehatan. Koleksi buku Ben kini menambah isi perpusatakaan Unika Atma Jaya.

Di tempat itulah pada Rabu, 15/8, diadakan peresmian Ben & Nafsiah Mboi Collection. Menurut istri Ben, Nafsiah, berkat membaca buku, suaminya menjadi pemimpin cerdas yang mampu berpikir jauh ke depan.

“Suami saya banyak melahap buku-buku berbagai bahasa, baik dalam maupun luar negeri. Bacaan-bacaan itu membentuknya memiliki konsep pemikiran global tetapi bergerak dengan cita rasa lokal,” ujar Menteri Kesehatan tahun 2012-2014 ini.

Sebagai bentuk kasih sekaligus mewujudkan impian sang suami, Nafsiah bersama keluarga besar Mboi mencari universitas yang bersedia menampung koleksi buku suaminya yang terkumpul antara tahun 1955 hingga 2015.

Mimpi itu pun tercapai kala surel yang berisi penawaran menerima koleksi Ben dan Nafsiah Mboi dibalas oleh Wakil Rektor Unika Atma Jaya, Elisabeth Rukmini dalam kurun waktu lima menit sejak dikirim oleh Karen Houston.

Direktur Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Ali Gufron Mukti menyebut ada 13.000 koleksi dengan ragam 21 bahasa yang telah bertandang di Atma Jaya. “Kita harus terus membudayakan membaca sekaligus menulis karena itulah harta intelektual seorang akademisi,” pesan Gufron secara khusus untuk mahasiswa.

 

Felicia Permata Hanggu

Redaksi website HIDUPKATOLIK.COM akan menerbitkan secara GRATIS semua artikel seperti info kegiatan, refleksi, resensi, agenda/rencana kegiatan dan sebagainya di web HIDUPKATOLIK.COM. Semua artikel anda akan kami viralkan juga di semua media sosial. Kami pastikan akan dibaca dan diketahui oleh ratusan ribu pembaca online. Agar dapat diterbitkan, Artikel wajib dilengkapi Foto/Gambar ilustrasi. Kirim ke email: [email protected].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here