Jaga Ibu Bumi

48
Memahami Laudato Si Bersama Thomas Berry. Penulis : Sr Amelia Hendani SGM,
Jaga Ibu Bumi
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com ISU Lingkungan Hidup telah mencuat sejak tahun 2009. Semenjak dipaparkannya fakta-fakta mengenai degradasi lingkungan yang mengancam kehidupan manusia di hadapan para pemimpin dunia, isu lingkungan menjadi perhatian khalayak ramai.

Tak  ketinggalan, Vatikan pun melirik isu ini dan disambut dengan dipromulgasikan ensiklik mengenai lingkungan hidup, Laudato Si’ oleh Paus Fransiskus. Semenjak dikeluarkan pada tangga 18 Juni 2015, ensiklik ini telah menjadi buah bibir banyak kalangan baik di kalangan religius, akademisi, maupun awam.

Seruan ensiklik ini mengajak semua orang untuk memperbaiki persoalan lingkungan yang melukai segala makhluk yang hidup di dalam ibu bumi. Pemikiran berat Thomas Berry dapat diserap dengan begitu mudah melalui pemaparan bahasa penulis yang lihai.

Pembaca dapat mengerti langsung ide pokok Laudato Si’ bersamaan dengan pemikiran Thomas Berry. Buku ini tidak hanya menyajikan pengetahuan tetapi mengajak pembaca untuk memaknai keunikan spiritualitas manusia sebagai ciptaan mulia Allah pencipta.

Pembaca diajak merenungkan bahwa “ibu bumi” merupakan realitas sakral dimana semua ekspresi diri manusia justru lahir dari interaksinya dengan ciptaan lain. Melengkapi permenungan ini, Thomas menyebutkan tiga hak semua ciptaan yang bermuara pada kesadaran untuk mengasihi “ibu bumi” sebagai wujud mencintai Allah.

Buku ini sangat baik dibaca bagi kaum religius maupun religius awam yang ingin mendalami buah pikiran Paus untuk menghormati lingkungan hidup.

Judul : Memahami Laudato Si Bersama Thomas Berry
Penulis : Sr Amelia Hendani SGM
Penerbit : OBOR, Mei 2018
Tebal : ix & 119 halaman

Felicia Permata Hanggu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here